Selasa, 12 November 2019
Agung Pratnyawan : Senin, 04 November 2019 | 17:41 WIB

Hitekno.com - Aplikasi WhatsApp telah mendapatkan fitur FaceID atau TouchID untuk perangkat iOS. Kini lapisan keamanan ekstra ini hadir juga ke smartphone Android dalam wujud fitur sidik jari.

Pengguna aplikasi WhatsApp bisa menambahkan sidik jari mereka sebagai alat otentikasi dalam mengakses aplikasi chatting ini.

Dengan tambahan lapisan keamanan ini, tidak semua orang bisa mengakses aplikasi WhatsApp kamu. Tapi bagaimana cara menggunakan fitur ini?

Dilansir dari Gadgets Now, berikut cara menggunakan fitur sidik jari di WhatsApp untuk smartphone Android:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas untuk mengakses lebih banyak opsi
  3. Pilih opsi Pengaturan
  4. Pilih opsi Akun
  5. Pilih opsi Privasi
  6. Gulir ke bawah dan pilih opsi Kunci sidik jari (Fingerprint lock)
  7. Aktifkan Buka kunci dengan sensor sidik jari (Unlock with fingerprint sensor)
  8. Konfirmasi sidik jari pengguna
  9. Setelahnya, pengguna akan mendapatkan opsi untuk memilih kapan pengguna ingin sidik jari itu ditampilkan. Terdapat tiga opsi, yaitu immediately, after 1 minute, dan after 30 minutes.

 

Sebelumnya, pengguna harus memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru dan menggunakan smartphone Android yang didukung fitur keamanan sidik jari.

Logo WhatsApp, sebagai ilustrasi [Shutterstock]

Fitur ini sebelumnya sudah dirilis dalam versi beta pada Agustus lalu, dua bulan setelahnya WhatsApp memutuskan untuk meluncurkan fitur ini untuk semua pengguna Android dengan versi stabil.

Itulah bagaimana menggunakan fitur sidik jari di aplikasi WhatsApp untuk smartphone Android. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).