Minggu, 17 November 2019
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 08 November 2019 | 17:30 WIB

Hitekno.com - Huawei baru saja meluncurkan smartphone kelas menengah dengan desain yang cukup cantik. Dinamakan Huawei Y9s, smartphone merupakan kembaran dari Honor 9X Pro yang telah dikenalkan beberapa waktu lalu.

Besaran layar dan bodi memang terlihat mirip, namun Huawei Y9s tidak memiliki pola "X" seperti pola yang ada di bodi belakang Honor 9X Pro.

Perbedaan lainnya terletak pada chipset dan varian memori yang diusung.

Huawei Y9s lebih memilih Kirin 710F, dibandingkan Kirin 810 milik Honor 9X Pro.

Sebagai referensi, dalam daftar AnTuTu yang baru saja dirilis, Honor 9X Pro menempati posisi puncak sebagai smartphone kelas menengah performa terkencang Oktober 2019.

Huawei Y9s mengusung kamera pop-up. (Huawei)

Dengan skor sebanyak 299.194 poin, Honor 9X Pro menduduki posisi pertama mengungguli Honor 9X, Honor 20S, dan Redmi Note 8 Pro di posisi sebelumnya.

Honor 9X Pro yang cukup diterima oleh pasar sepertinya menarik Huawei untuk membuat kembaran dari smartphone tersebut.

Huawei Y9s membawa layar IPS LCD 6,59 inci beresolusi Full HD Plus tanpa poni dengan rasio screen-to-body mencapai 91 persen.

Smartphone memiliki RAM 6 GB dan memori internal 128 yang dapat ditambah dengan memori eksternal hingga 512 GB melalui slot microSD.

Bodi belakang Huawei Y9s. (Huawei)

Di sektor fotografi, Huawei Y9s mempunyai kamera pop-up selfie 16 MP dan 3 kamera belakang berkonfigurasi 48 MP (Primer) + 8 MP (Ultrawide) + 2 MP (Depth Sensor).

Perangkat kelas menengah dilengkapi sensor sidik jari yang ditempatkan di bagian sisi kanan tepat di bawah tombol volume.

Huawei Y9s tersedia dalam varian warna Midnight Black dan Breathing Crystal yang menampilkan desain glossy memesona pada bagian belakang.

Dikutip dari GSM Arena, smartphone menjalankan sistem operasi Android 9 Pie yang dikustomisasi ke dalam EMUI 9.1.

Layar Huawei Y9s. (Huawei)

Perangkat memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan pengisian daya 10 W melalui USB-C.

Smartphone dibanderol dengan harga 239 dolar AS atau Rp 3,3 juta dan dipasarkan pertama kali di Irak.

Masih belum jelas apakah Huawei Y9s akan tersedia secara global termasuk ke Indonesia.

Namun Huawei Y19 ini sudah terpampang di situs Huawei Global sehingga kita bisa berharap akan ketersediaannya sebentar lagi.