Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 18 November 2019 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Microsoft telah mengonfirmasi bahwa mulai pada tanggal 31 Januari 2020, perusahaan akan mematikan dukungan aplikasi asisten virtual Cortana untuk iOS dan Android di beberapa negara.

Kabar tersebut terungkap setelah terdapat pengumuman resmi di situs Microsoft Inggris dan Kanada.

Tak hanya Inggris dan Kanada, mereka juga langsung mengumumkan "kematian" Cortana di negara lain termasuk Australia, Jerman, Meksiko, China, Spanyol dan India mulai tahun 2020.

Cortana akan menghilang dari aplikasi Microsoft Android Launcher setelah tanggal 31 Januari 2019.

Awalnya, Microsoft meluncurkan Cortana untuk iOS dan Android pada bulan Desember 2015.

Aplikasi asisten virtual tersebut dirancang untuk menghubungkan Windows 10 PC ke smartphone.

Meskipun mengalami perombakan besar, Cortana gagal bersaing dengan asisten virtual lain khususnya di sektor mobile.

Ilustrasi penggunaan Cortana untuk alarm. (YouTube/ Pocketnow)

Bahkan pada awal 2019, CEO Microsoft, Satya Nadella mengungkapkan bahwa perusahaan tak lagi melihat Cortana sebagai pesaing sepadan Alexa atau Google Assistant.

Saat ini, Microsoft lebih fokus pada pengintegrasian Cortana ke bagian Microsoft 365 yang segmennya ke arah bisnis.

Dilansir dari The Verge, asisten virtual Cortana juga diintegrasikan secara langsung ke Outlook untuk iOS dan Android sehingga pengguna bisa tahu notifikasi email.

Ilustrasi pengumuman 'kematian' Cortana di Android dan iOS. (Microsoft Inggris)

"Sebagai bagian dari evolusi, pada tanggal 31 Januari 2020 kami mengakhiri dukungan untuk aplikasi Cortana di Android dan iOS di pasar Anda. Pada titik itu, konten Cortana yang Anda buat (seperti Reminder dan List) tidak akan lagi berfungsi di aplikasi mobile Cortana atau Microsoft Launcher, tetapi masih dapat diakses melalui Cortana di Windows," kata keterangan perusahaan di situs resmi Microsoft Inggris dan beberapa negara lain.

Tidak menutup kemungkinan bahwa pengumuman mengenai asisten virtual tersebut akan tersebar ke beberapa negara lain setelahnya.

Reminder, List, dan Task pada Cortana secara otomatis akan disinkronkan ke aplikasi Microsoft To Do yang dapat diunduh secara gratis.

Setelah 31 Januari 2019, aplikasi asisten virtual Cortana mobile di smartphone akan dimatikan dan perusahaan menjanjikan versi terbaru dari Microsoft Launcher dengan Cortana yang terhapus.

BACA SELANJUTNYA

10 Tips Main Game Android Lancar Tanpa Lag Mudah