Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 25 November 2019 | 11:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Di tengah tekanan pemerintah Amerika Serikat (AS), Huawei masih terus berinovasi. Salah satunya Ark Compiler Huawei yang sudah resmi dikenalkan.

Ark Compiler Huawei ini bahkan mendapatkan penghargaan Northeast Asia Open Source Software Promotion Forum yang digelar di Seoul, Korea Selatan.

Event ini juga memberikan penghargaan kepada Ark Compiler Huawei "Northeast Asia Excellent Open Source Project".

Dikutip dari Gizchina, Northeast Asia Excellent Open Source Project memiliki standar yang sangat ketat dalam memberikan penghargaan.

Pemenang penghargaan ini harus menonjol dalam hal keterbukaan, inovasi, dan efektivitas. Dan Ark Compiler Huawei memenuhinya.

Seperti diketahui, Ark Compiler adalah sistem cimpiler berbasis open source untuk meng-compile kode program menjadi aplikasi.

Huawei menghadirkan compiler ini sebagai program open source, sehingga semua orang bisa mengakses kode programnya secara terbuka.

Logo Huawei. (Huawei)

Ark Compiler Huawei ini juga mendukung banyak bahasa prmprograman. Mendukung lintas bahasa, optimasi kompilasi, dan mendukung berbagai platform chip.

Huawei mengklaim kalau compiler ini dapat menjadikan aplikasi Android 24 persen lebih lancar, dan meningkatkan responsifnya sampai 44 persen.

Perusahaan asal China ini pada Agustus 2019 kemarin mengungkapkan kalau mereka telah berkolaborasi dengan 40 developer ternama.

Ark Compiler Huawei disebutkan akan dipakai untuk mengembangkan dan melakukan optimalisasi sejumlah aplikasi populer.

Sebelumnya, Ark Compiler Huawei ini juga diklaim dapat membuat aplikasi Android jadi selancar di iOS milik Apple.

BACA SELANJUTNYA

Huawei MatePad 11.5 Resmi Rilis di Indonesia, Tablet Rasa Laptop