Senin, 16 Desember 2019
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Senin, 02 Desember 2019 | 10:45 WIB

Hitekno.com - Sebuah video smartphone meledak di Mall Emporium Pluit, Jakarta Utara belum lama ini menjadi viral di Twitter. Setelah dikonfirmasi, video ini diketahui hanya hoaks. Fakta sebenarnya dari video ini justru cukup mengejutkan.

Video ini diunggah di Twitter pertama kali oleh @FirzaHusain pada Kamis (27/11/2019) lalu dan menjadi viral di Twitter dalam waktu singkat.

Menurut pengakuan netizen tersebut, peristiwa ini terjadi di Mall Emporium Pluit, Jakarta Utara. Nampak dalam video 20 detik ini, seorang pria terbakar hebat di tengah keramaian mall.

Cuitan akun tersebut menyebutkan bahwa pria ini terbakar usai smartphone miliknya yang sedang diisi daya dengan powerbank mendadak meledak.

''Kejadian di Mall Emporium Pluit ngecas HP pakai powerbank di dalam kantong. Perhatian jangan taruh powerbank dalam kantong, jangan ngecas HP sambil memakai headset, ini pelajaran yang sangat berharga'' tulis @FirzaHusain dalam cuitannya.

Video smartphone meledak. (twitter/FirzaHusain)

Sempat membuat heboh, banyak netizen yang lalu melakukan cek fakta untuk membuktikan apakah kejadian ini benar terjadi di Mall Emporium Pluit, Jakarta Utara atau justru di lokasi lain.

Apakah benar kejadian smartphone meledak ini berada di Mall Emporium Pluit? Ternyata tidak.

Video smartphone meledak. (twitter/FirzaHusain)

Berdasarkan akun @TurnBackHoax di Twitter, video pria terbakar hidup-hidup ini memang benar terjadi, namun bukan di Mall Emporium Pluit, Jakarta Utara melainkan di hypermarket Marjane yang berada di Agadir, Maroko.

Alasan pria ini terbakar bukan karena smartphone meledak, hal ini karena pria tersebut sengaja membakar dirinya sendiri. Dilansir dari Morocco World News, kejadian ini rupanya sudah terjadi pada Juni 2018 lalu.

Membuktikan analisa @TurnBackHoax mengenai kejadian ini, tim HiTekno.com melakukan cek fakta melalui pantauan Google Maps untuk memastikan bahwa lokasi tersebut benar di hypermarket Marjane, Agadir, Maroko.

Dalam video yang viral di Twitter tersebut, tepatnya di detik ke-17, nampak sebuah logo 'M' dengan lingkaran berwarna kuning di atasnya.

Video smartphone meledak. (twitter/FirzaHusain)

Sempat disebut terjadi di Mall Emporium Pluit, Jakarta Utara, berdasarkan penelusuran, diketahui bahwa logo tersebut merupakan logo hypermarket Marjane, Agadir, Maroko.

Hal ini nampak jelas dari foto berikut ini.

Hypermarket Marjane, Agadir, Maroko. (Google Maps)

Usai membuat heboh dan hampir dipercaya oleh beberapa orang, melalui analisa video dan lokasi, dapat dipastikan jika video smartphone meledak yang disebut terjadi di Mall Emporium Pluit, Jakarta Utara ini adalah hoaks.