Senin, 16 Desember 2019
Agung Pratnyawan : Senin, 02 Desember 2019 | 19:45 WIB

Hitekno.com - Smartphone China memang membanjiri pasar Tanah Air, bahkan menguasai. Namun ternyata, masih ada smartphone Indonesia yang masih bertahan di pasar ini.

Pasar smartphone Indonesia memang jadi rebutan beberapa brand asal China, dan cuma ada satu dari Korea Selatan.

Di tengah gempuran brand luar ini, sangat miris mengetahui kalau smartphone Indonesia makin terkikis eksistensinya.

Bukan cuma itu, beberapa orang malah sering salah sangka smartphone Indonesia dianggap sebagai smartphone China.

Jangan sampai salah, merek smartphone Indonesia memiliki nama yang berkelas. Mereka tidak nampak seperti merek Indonesia.

Apa saja merek smartphone Indonesia? Simak berikut ini.

1. Polytron

Polytron Prime 7 Pro. (Polytron)

Nama Polytron sudah lama melekat di masyarakat Indonesia sebagai produsen perangkat elektronik. Dari televisi, speaker, hingga kulkas.

Merek Polytron ini sudah ada di Tanah Air sejak 18 Mei 1975. Dan siapa sangka, kalau Polytron juga memproduksi smartphone.

Polytron telah lama merilis smartphone yang kebanyakan hadir dengan harga terjangkau. Namun kini mulai merambah kelas menengah.

2. Advan

Advan I5C Duo. (Advan)

Awalnya merek ini dikira sebagai smartphone China, padahal dari Indonesia. Advan sudah ada sejak tahun 2007 silam yang selalu fokus pada pasar ponsel dan smartphone.

Jangan anggap remeh Advan, karena sempat masuk dalam daftar 5 besar penguasa pasar smartphone indonesia beberapa tahu lalu. Terutama untuk kelas bawah yang berharga terjangkau.

Namun sayangnya, dua tahun ini nama Advan mulai lepas dari lima besar pasar smartphone Indonesia. 

3. Evercoss

Evercoss M50. (Evercoss)

Awalnya hadir dengan nama Cross Mobile, namun pabrikan ponsel yang berdiri 2008 ini berganti nama jadi Evercoss.

Nama Evercoss sendiri banyak hadir di daerah-daerah melalui kios pulsa. Smartphone Evercoss juga dikenal untuk pasar kelas bawah dengan harga terjangkau.

Tidak sedikit yang menyangka Evercoss adalah merek China, padahal ini smartphone Indonesia.

4. Axioo

Axioo M4S. (Axioo)

Nama Axioo lebih dulu dikenal sebagai produsen laptop atau netbook dengan harga terjangkau. Namun kini Axioo merambah ke pasar smartphone.

Tidak tanggung-tanggung, Axioo punya smartphone yang dikhususkan untuk penggemar selfie yaitu M6. Pasar Axioo ada kelas menengah namun harga tetap bersaing.

Namun lagi-lagi, smartphone Indonesia ini makin memudah popularitasnya di tengah gempuran merek asing.

5. Mito

Mito Fullview A21. (Mito)

Merek ini bisa dibilang yang tertua dalam memproduksi Smartphone. Mito mulai berdiri sejak 2006 yang lalu dan konsisten merilis produknya.

Nama mito awalnya dikira sebagai merek smartphone China, namun ternyata dari Indonesia. Apalagi dengan produknya yang kebanyakan di kelas bawah dengan harga miring.

Mito dulu sering memakai artis ternama untuk mempromosikan produknya, dari Raffi Ahmad hingga Deddy Corbuzier pernah jadi bintang iklannya.

Itulah tadi 5 merek smartphone Indonesia yang banyak bertebaran di pasar. Jangan salah kira lagi ya.