Senin, 16 Desember 2019
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 03 Desember 2019 | 13:45 WIB

Hitekno.com - Lei Jun, CEO Xiaomi dalam sebuah surat internal memutuskan untuk meninggalkan jabatannya alias mengundurkan diri dari perusahaan teknologi asal China ini.

Dalam surat internal yang diedarkan pada minggu lalu, Lei Jun melalui Xiaomi mengumumkan tentang perubahan struktur kepemimpinan di perusahaan smartphone paling populer di Indonesia ini.

Mundurnya Lei Jun ini sekaligus mengumumkan bahwa peran CEO akan langsung diambil alih oleh Lu Weibing selaku pemimpin sub-brand milik Xiaomi, yaitu Redmi.

Xiaomi menekankan bahwa walaupun Lei Jun telah mengundurkan diri dari jabatannya, sosok ini akan terus menjadi Chairman dan co-founder Xiaomi,

Perubahan struktur perusahaan lalu terjadi. Mengutip Tech In Asia, Lin Bin lalu dipromosikan sebagai wakil presiden perusahaan. Sedangkan CFO Zhou Capitar dipromosikan sebagai presiden bisnis internasional.

Ilustrasi logo Xiaomi. [Shutterstock]

Lei Jun melalui surat internal tersebut menyebutkan bahwa Xiaomi akan menyambut persaingan smartphone 5G di tahun depan, untuk itu perlu ada dukungan manajemen yang kuat.

Bersama dengan deretan CEO lainnya, Lei Jun membangun Xiaomi hingga menjadi salah satu perusahaan teknologi paling besar di China bahkan mengarah ke global.

Dikutip dari Tech Node, pendapatan Lei Jun dari Xiaomi sangatlah besar. Dalam dokumen perusahaan Xiaomi, tercatat Lei Jun mendapata paket kompensasi senilai 10 miliar yuan atau sekitar Rp 21 triliun pada 2018 lalu.

CEO Xiaomi, Lei Jun di MIDC 2019. (Xiaomi)

Pendapatan fantastis Lei Jun ini sepertinya senada dengan kesuksesan Xiaomi dalam membuat smartphone dan beberapa teknologi terbaik lainnya dari perusahaan tersebut.

Walaupun disayangkan oleh beberapa orang, mundurnya Lei Jun sebagai CEO Xiaomi ini membuat penasaran dengan bagaimana nasib perusahaan usai ditinggal salah satu co-founder-nya ini.