Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 05 Desember 2019 | 19:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Xiaomi Indonesia baru saja meluncurkan dua smartphone murah dengan baterai jumbo. Yaitu Redmi 8 vs Redmi 8 yang sama-sama menarik.

Smartphone kembar ini resmi dikenalkan oleh Xiaomi Indonesia pada Rabu (3/12/2019) kemarin dalam sebuah event peluncuran.

Dua smartphone murah ini memang sangatlah mirip. Baik dari luar maupun dalam, hampir saja tidak bisa dibedakan.

Xiaomi Indonesia sendiri membawa tagline "Hape Kece Batre Gede" untuk dua smartphone murah ini. Karena keduanya dilengkapi baterai jumbo.

Meski mirip secara spesifikasi, kenapa harga Redmi 8 vs Redmi 8A bisa berbeda? Jelas beda, karena memang ada yang membuatnya lebih mahal dan lebih murah.

Harga Redmi 8 RAM 3 GB + 32 GB Rp 1.749.000 (harga perkenalan Rp 1.699.000). Sedangkan varian RAM 4 GB + 64 GB Rp 1.849.000 (harga perkenalan Rp 1.799.000).

Sedangkan Redmi 8A RAM 2 GB + 32 GB Rp 1.449.000 (harga perkenalan rp 1.399.000). Selisih harga keduanya yang cukup lumayan.

Redmi 8 vs Redmi 8A. (HiTekno.com)

Buat kamu yang ingin meminang dua smartphone murah ini, mending pilih mana antara Redmi 8 vs Redmi 8A yang sama-sama menarik?

Karena itu, berikut ini tim HiTekno.com buatkan perbandingan antara Redmi 8 vs Redmi 8A sebagai smartphone murah baterai jumbo.

1. Performa dan Memori

Deskripsi Snapdragon 439. (Qualcomm)

Keduanya sama-sama memakai chipset Qualcomm Snapdragon 439. Chipset yang cocok untuk smartphone murah entry-level.

Yang membedakannya, ada pada pilihan RAM 3 GB dan 4 GB di Redmi 8 membuatnya lebih lega dibandingkan Redmi 8A yang cuma 2 GB saja.

Untuk pemakaian jangka panjang RAM 2 GB dirasa akan kurang. Mengingat kebutuhan aplikasi mendatang yang makin berat.

Sedangkan memori internal 32 GB masih dirasakan cukup. Terlebih masih ada slot microSD dedicated pada kedua smartphone murah ini.

2. Layar dan body

Redmi 8 vs Redmi 8A. (HiTekno.com)

Keduanya memakai ukuran body yang sama, termasuk dengan bahan atau materialnya. Begitu juga pada sisi layarnya 6,2 inci dengan poni.

Layar Redmi 8 vs Redmi 8A ini sama-sama beresolusi 720 x 1520 piksel alias HD+. Dengan poni mungil di bagian atas untuk kamera selfie.

Menariknya, meski keduanya smartphone murah namun dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 di layarnya.

3. Baterai

Redmi 8A. (Mi.com)

Ini jadi keunggulan kedua smartphone murah tersebut. Sama-sama dilengkapi baterai jumbo 5.000 mAh yang jelas cukup untuk pemakaian lebih dari sehari.

Menariknya lagi, keduanya sama-sama mendukung fast charging 18 watt melalui USB type C. Walaupun kepala chargernya dijual terpisah.

Kapan lagi dapat smartphone murah Rp 1 jutaan baterai jumbo, mendukung fast charging, dan sudah memakai USB type-C.

4. Kamera

Redmi 8A. (Mi Global)

Bagian ini jadi perbedaan antara Redmi 8 vs Redmi 8A. Redmi 8 dilengkapi kamera ganda pada bagian belakang, 12 MP f/1.8 + 2 MP dept sensor.

Sedangkan Redmi 8A hanya memakai kamera tunggal 8 MP saja. Untuk kamera selfie, keduanya sama-sama memakai 8 MP f/2.0.

Kamera smartphone murah ini sudah bisa sama-sama merekam video 1080p 30 fps baik untuk kamera belakang maupun kamera slefie.

5. Kesimpulan

Redmi 8 vs Redmi 8A. (HiTekno.com)

Jadi pilih mana antara Redmi 8 vs Redmi 8A ini? Sama-sama smartphone murah dengan baterai jumbo dan fast charging.

Sekilas jika dilihat secara harga dan jeroan Redmi 8A sekilas menarik. Terlebih chipset yang digunakan sama, Snapdragon 439.

Ditambah layar yang sama ukuran, sama panel, sama perlindungan, dan sama resolusi. Namun apakah Redmi 8A lebih menarik?

Tentu tidak, Redmi 8 menurut tim HiTekno.com lebih layak dilirk. Terlebih lagi kamera pilihan RAM 3 GB dan 4 GB yang lebih mendukung di masa depan.

Kebutuhan akan RAM akan terus bertambah seiring perkembangan waktu, maki banyak aplikasi yang lebih harus memori dan RAM.

Alvin Tse, Country Director of Xiaomi Indonesia memperlihatkan produk Redmi 8. (Xiaomi)

Itulah perbandingan Redmi 8 vs Redmi 8A yang sama-sama smartphone murah dari Xiaomi indonesia dengan baterai jumbo. Mana yang jadi pilihanmu?

BACA SELANJUTNYA

HP Entry-Level Terbaru Xiaomi Indonesia, Cek Berapa Harga Redmi A3