Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 20 Desember 2019 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah kabar mencengangkan datang dari President Rusia, Vladimir Putin yang ternyata masih memakai komputer dengan sistem operasi Windows XP.

Seperti diketahui, sistem operasi buatan Microsoft ini memang salah satu yang legendaris. Dan banyak komputer yang memakainya saat itu.

Namun Windows XP kini telah dibunuh Microsoft dan tidak mendapatkan update terbaru lagi. Terlebih update untuk keamanan dan perlawanan pada virus.

Diwartakan The Guardian, sejumlah foto-foto resmi dari Vladimir Putin ini menampilkan layar komputer yang ia gunakan.

Dalam layar tersebut, nampak komputer Vladimir Putin masih memakai sistem operasi jadul tersebut. Terlihat pula dari task bar di bawah yang berwarna biru.

Vladimir Putin. (Situs resmi Kepresidenan Rusia)

Dari foto ini, apakah Presiden Rusia ini tidak takut akan serangan virus yang banyak menjangkit Windows XP ya?

Seperti dilaporkan Gizchina, pemeritah Rusia sendiri telah menjalankan sistem operasi Astra Linux untuk komputer mereka.

Astra Linux sendiri adalah sistem operasi berbasi Linux yang dikembangkan di negara tersebut. Namun tidak dipakai Vladimir Putin.

Pemakaian Windows XP oleh orang nomor satu di Rusia ini jelas saja menarik. Apakah disengaja, atau memang ia masih memakai sistem operasi jadul ini.

Windows XP di era penuh kejahatan cyber ini memang membahayakan bagi penggunanya. Karena sistem operasi satu ini memang rentan pada virus.

Vladimir Putin. (Situs resmi Kepresidenan Rusia)

Selain itu, Windows XP juga memiliki sistem keamanan yang tidak secanggih sistem operasi penerusnya. Apalagi Windows 10 yang masih dapat dukungan Microsoft.

Itulah Vladimir Putin, yang masih memakai Windows XP pada komputernya. Apakah kamu masih punya PC dengan sistem operasi jadul ini?

BACA SELANJUTNYA

eShop Nintendo di Rusia Tutup, Ini Sebabnya