Senin, 25 Mei 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 23 Desember 2019 | 09:00 WIB

Hitekno.com - 2020 tinggal menghitung hari, teknologi smartphone apa yang akan populer tahun depan? Tren smartphone pastinya akan terus berkembang.

Pada 2019 ini kita sudah melihat banyak teknologi baru yang hadir. Seperti smartphone lipat, punch-hole, pop-up kamera, hingga perang megapiksel.

Teknologi yang sudah hadir lebih dulu ini bukan berarti akan terhenti di sini. Bisa jadi malah jadi tren smartphone 2020 mendatang.

Seperti perang megapiksel antara Samsung dan Sony sebagai produsen sensor kamera. Tahun depan persaingan keduanya akan semakin menggila.

Lalu perang smartphone lipat yang baru pemanasan pada 2019, akan diramaikan lebih banyak merek smartphone pada 2020 mendatang.

Dari beberapa perkembangan sebelumnya, berikut ini prediksi tren smartphone 2020.

1. Smartphone 5G Murah

Ilustrasi chipset 5G MediaTek. (MediaTek)

Beberapa negara sudah menerapkan teknologi jaringan 5G, tentu saja akan diiringi kehadiran smartphone 5G. Bukan lagi di kelas atas, bahkan kelas murah pun akan hadir.

Dari Xiaomi telah menyampaikan akan meluncurkan setidaknya 10 smartphone baru pada 2020 mendatang. Tidak menutup kemungkinan ada smartphone murah di dalamnya.

Samsung juga dikabarkan merapat ke MediaTek untuk menghadirkan smartphone 5G dengan harga lebih terjangkau dalam waktu dekat ini.

2. Smartphone Lipat Clamshell

Smartphone lipat Motorola Razr 2019. (Motorola)

Dipopulerkan Motorola Razr 2019, smartphone lipat clamshell atau dengan engsel vertikal ini nampaknya menarik produsen lain.

Paling dekat Samsung telah menyiapkan smartphone lipat clamshell ini. Bahkan sudah muncul foto bocorannya secara nyata bagimana smartphone baru ini.

Jika Samsung serius menggarap pasar smartphone lipat, tidak menutup kemungkinan Huawei akan menyusul. Begitu juga pabrikan asal China lainnya.

3. Layar Punch-hole

Samsung Galaxy Note 10. (Samsung Indonesia)

Mesi bukan barang baru, dan sudah ada pop-up kamera, namun layar punch-hole atau tompel nampak masih populer untuk 2020 mendatang.

Dari bocoran sebelumnya, Samsung memakai punch-hole untuk Galaxy 11. Juga untuk smartphone lipat clamshell baru mereka pada 2020 mendatang.

Merek lain seperti Vivo juga telah memakainya untuk smartphone baru mereka. Dengan ini, diprediksi layar punch-hole masih jadi tren smartphone 2020.

4. Ramah pada Kesehatan

Digital Wellbeing. (Google)

Bukan cuma Google dengan Android, Apple dengan iOS mulai ramah pada kesehatan pengguna. Dengan adanya Digital Wellbeing di Android dan Screen Time di iOS.

Dia aplikasi ini memantau bagaimana penggunanya memakai smartphone demi kesehatan mereka. Terutama kesehatan mental yang makin jadi fokus di era sekarang.

Apple juga mengunggulkan fitur deteksi kesehatan pada Applw Watch. Kemampuan ini bisa jadi dikolaborasikan dengan smartphone untuk memantau kesehatan pengguna.

5. Smartphone Rasa Flagship Makin Murah

Pocophone F1. (SvTech World)

Makin banyak smartphone flagship killer bermunculan. Sebelumnya sudah diawali oleh Pocophone F1, nantinya akan lebih banyak lagi.

Seperti Redmi K30 Pro, Realme X2 Pro, tidak ketinggalan Asus ZenFone 6. Smartphone baru dengan chipset flagship namun ramah di kantong.

Terutama kehadiran Redmi dan Realme yang agresif membuat smartphone pertenaga tinggi namun murah meriah. Keduanya jadi kuda hitam di 2019 kemarin.

6. Layar Refresh Rate Tinggi

OnePlus 7T Pro McLaren Edition. (OnePlus Inggris)

Awalnya layar dengan refresh rate tinggi berguna untuk smartphone gaming. Namun kini telah diturunkan ke smartphone general.

Dipopulerkan oleh OnePlus 7 Pro lalu diteruskan OnePlus 7T Pro, kemudian diikuti Google Pixel 4 yang memakai layar 90 Hz.

Dengan datangnya Snapdragon 865, smartphone nantinya mendapatkan dukungan lebih hingga 144 Hz. Sehingga layar refresh rate tinggi akan jadi tren smartphone 2020.

7. Perang Megapiksel Berlanjut

Sensor kamera smartphone Samsung ISOCELL. (Samsung)

Jika awal 2019 kita dikagumkan dengan kamera 48 MP, pada penghujung 2019 muncul kamera 64 MP, dan paling fenomenal 108 MP pada Xiaomi Mi Note 10.

Perang persaingan megapiksel kamera ini akan berlanjut pada 2020 mendatang. Sony telah menyiapkan sensor 64 MP untuk menyaingi Samsung.

Namun Samsung yang sudah bisa memproduksi sensor kamera 108 MP belum berhenti. Sudah disiapkan teknologi yang memungkinkan membuat kamera 144 MP.

Itulah 7 tren smartphone 2020 menurut prediksi HiTekno.com berdasarkan sejumlah perkembangan teknologi di 2019 ini.