Senin, 06 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 31 Desember 2019 | 12:30 WIB

Hitekno.com - Pengaturan suhu dan kelembapan merupakan masalah yang biasa dihadapi semua jenis lensa kamera, baik yang terpasang pada mirrorless ataupun DSLR. Dua hal tersebut menjadi musuh lensa karena berpotensi meninbulkan jamur pada lensa. 

Berawal dari permasalahan tersebut, pembuat tutup lensa UN menawarkan solusi dengan menghadirkan tutup lensa UNX-8595 yang diklaim punya teknologi canggih.

Sebagaimana dikutip dari laman Petapixel, Selasa (31/12/2019), perusahaan tersebut mendesain tutup lensa yang dilengkapi dengan termometer dan higrometer, yang digunakan untuk mengukur suhu dan kelembapan tempat yang dijadikan sebagai penyimpanan lensa.

Namun untuk sementara, tutup lensa canggih ini hanya tersedia untuk jenis lensa Micro Four Thirds, yang dijual melalui sebuah peritel online di Jepang.

Karena dilengkapi dua alat ukur tersebut, ukuran UNX-8595 terlihat jauh lebih besar jika dibandingkan dengan penutup lensa pada umumnya. Dengan bobot 34,5 gram, tutup lensa ini tidak membutuhkan baterai untuk bisa beroperasi.

Tutup lensa kamera dengan pengaturan suhu. (un-satellite.jp)

Fitur termometernya bisa menghitung suhu antara -25 sampai 55 derajat celcius. Sementara higrometernya bisa mendeteksi kelembapan udara antara 20 sampai 100 persen.

Namun perlu dicatat, tutup lensa ini hanya sekadar alat pengingat bagi pemilik lensa dengan menghitung suhu dan kelembapan di tempat penyimpanan.

Untuk mengatasi masalah suhu dan kelembapan, pemilik lensa kamera tetap harus menjaganya dengan menaruh silica gel untuk menjaga kelembapan di tempat penyimpanan lensa.

Di Negeri Sakura, penutup lensa unik ini dibanderol seharga 1980 yen atau sekitar Rp 251 ribu.(Suara.com/Tivan Rahmat)