Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 09 Januari 2020 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Vivo, Oppo, dan Xiaomi, trip merek smartphone China ini kompak dalam mengembangkan fitur baru untuk menyaingi AirDrop Apple pada iPhone.

Ketiganya mulai menyebatkan fitur Peer-to-Peer Transmission Alliance yang memungkinkan transfer file antarperangkat dengan cepat.

Bahkan Vivo, Oppo, dan Xiaomi yakin fitur Peer-to-Peer Transmission Alliance bisa bersaing dengan kecepatan AirDrop Apple pada iPhone.

Penambahan fitur mirip AirDrop itu dilakukan karena Vivo, Oppo, dan Xiaomi menilai transfer file selalu menjadi masalah utama bagi Android - sistem operasi Google yang digunakan mayoritas smartphone.

Teknologi itu pernah ditawarkan via Android Beam tetapi belakangan dihapus oleh Google tanpa pengganti yang pas di Android 10. Transfer file dengan Bluetooth pun dinilai sangat lamban.

Adapun fitur baru yang digunakan oleh Vivo, Oppo, dan Xiaomi itu masih memanfaatkan Bluetooth untuk menyambungkan perangkat dan memungkinkan kecepatan transfer file hingga 20MB per detik.

Xiaomi telah mengonfirmasi fitur ini tersedia di semua perangkat yang menjalankan Android 9 Pie atau Android 10 kecuali untuk Redmi 6 Pro, Redmi 6, Redmi 6A, Redmi 7A, Redmi 7, Redmi S2, Redmi 8, Redmi 8A, Redmi Note 8 dan Redmi Note 8T.

Xiaomi, Oppo, dan Vivo kompak lawan Apple AirDrop. (HiTekno.com)

Saat ini sistem operasi Oppo ColourOS 7 yang berbasis Android 10 hanya tersedia dalam versi beta untuk Reno 2, Reno 10X Zoom, F11 Pro, F11 Pro Marvel's Avengers Limited Edition dan F11.

Namun, Oppo berjanji fungsionalitas baru itu akan tersedia untuk Seri Find, Seri Reno, Seri R, Seri F, Seri A, dan K3 pada waktunya.

Akhirnya, Vivo mengatakan sistem transfer file akan "secara bertahap diluncurkan pada produk Vivo baru di pasar yang berbeda dari Februari 2020".

Itulah kolaborasi Vivo, Oppo, dan Xiaomi, trio smartphone China dalam mengembangkan Peer-to-Peer Transmission Alliance untuk menyaingiAirDrop Apple pada iPhone. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Redmi Note 13 Series Resmi Diluncurkan, Cek Seperti Apa Jajaran HP Baru Xiaomi Indonesia Ini