Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 23 Januari 2020 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jutaan pengguna WhatsApp dipaksa membeli ponsel baru untuk bisa menggunakan aplikasi pesan instan ini jelas 1 Februari. 

Aplikasi milik Facebook tersebut sedang mempersiapkan membuat sejumlah besar perangkat menjadi usang dan akan berhenti mendukung beberapa ponsel pada 1 Februari mendatang.

Langkah ini menyarankan orang-orang yang handsetnya berada ada dalam daftar penghentian operasional WhatsApp, akan berfikir untuk mengupgrade jika masih mau menggunakan aplikasi perpesan itu.

"Jika Anda menggunakan salah satu perangkat seluler yang masuk daftar, kami sarankan mengupgrade ke Android, iPhone, atau Windows Phone yang lebih baru untuk terus menggunakan WhatsApp," tulisnya dilansir laman Metro.uk.

Aplikasi berhenti mendukung sejumlah perangkat pada 31 Desember lalu, dengan ponsel apa pun yang menjalankan sistem operasi Windows Mobile.

Tetapi tenggat waktu yang lebih besar semakin dekat. Mulai 1 Februari, perangkat lunak yang menjalankan iPhone yang lebih lama dari iOS 7 dan perangkat Android dengan versi 2.3.7 tidak akan didukung lagi.

iPhone terakhir yang dijual dengan terpasang iOS 7 adalah iPhone 5S dan iPhone 5C pada 2013. Sistem operasi ini digantikan oleh iOS 8 pada 2014. Jadi, jika Anda membeli iPhone (atau iPad) setelah tanggal tersebut, Anda akan baik-baik saja.

Demikian pula, Android 2.3.7 dikenal sebagai 'Gingerbread' dan diluncurkan pada 2010. Pada Februari 2011 telah digantikan oleh Android 3.0, juga dikenal sebagai Honeycomb.

Kemungkinannya adalah kecuali jika Anda masih menggunakan Google Nexus S atau Samsung Galaxy S, Anda mungkin akan baik-baik saja.

Windows Mobile bahkan lebih tua, awalnya diluncurkan pada 2003 dan berjalan hingga 2010 pada perangkat seperti Motorola MPx200. Ketika menjadi jelas bahwa iOS dan Android lebih unggul, Microsoft merekayasa ulang sistem operasi selulernya ke OS Windows Phone berbasis ubin, yang harganya tidak jauh lebih baik.

WhatsApp mengatakan bahwa siapa pun yang menggunakan ponsel lama ini tidak lagi dapat membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang ada.

"Karena kami tidak lagi mengembangkan secara aktif untuk sistem operasi ini, beberapa fitur mungkin berhenti berfungsi kapan saja," kata perusahaan itu dalam posting blog yang mengumumkan tanggal batas waktu.

Kapan WhatsApp berhenti bekerja pada ponsel lama? WhatsApp secara teratur menghentikan dukungan untuk perangkat lawas, memaksa pengguna untuk tetap mendapatkan informasi terbaru jika mereka ingin terus menggunakan aplikasi.

Ilustrasi penggunaan WhatsApp. [Shutterstock]

Berikut adalah semua tanggal di mana WhatsApp berhenti bekerja pada sistem telepon lama.
1. 30 Juni 2017 - Nokia Symbian S60
2. 31 Desember 2017 - BlackBerry OS dan BlackBerry 10
3. 31 Desember 2018 - Nokia S40
4. 31 Desember 2019 - Windows Mobile
5. 1 Februari 2020 - iOS 7 dan Android 2.3.7

"Seperti yang kita lihat ke depan untuk tujuh tahun ke depan, kami ingin memfokuskan upaya kami pada platform seluler yang sebagian besar orang gunakan," tulis WhatsApp yang membenarkan mengapa akan secara rutin menghilangkan dukungan untuk sistem operasi yang lebih lama.

"Meskipun perangkat seluler ini telah menjadi bagian penting dari kisah kami, mereka tidak menawarkan jenis kemampuan yang kami butuhkan untuk memperluas fitur aplikasi kami di masa mendatang. Ini adalah keputusan sulit bagi kami untuk membuat, tetapi yang tepat untuk memberi orang cara yang lebih baik untuk tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan orang yang dicintai menggunakan WhatsApp," tulis keterangan WhatsApp.(Suara.com/Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Voice Chat Hadir untuk WhatsApp Grup