Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 26 Januari 2020 | 09:10 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tak mau ketinggalan dengan negara lain, Indonesia ikut menyiapkan jaringan 5G. Termasuk dengan menggandeng Perusahaan teknologi global Qualcomm dalam pengembangan teknolog 5G.

Qualcomm menyatakan ketertarikannya untuk untuk mendukung pengembangan teknologi 5G di Indonesia, demikian diungkapkan Presiden Qualcomm Cristiano Amon saat bertemu Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny Plate.

Cristiano Amon telah bertemu dengan Menkominfo di sela penyelenggaraan World Economic Forum (WEF) Annual Meeting di Davos, Swiss.

"Kami tertarik untuk mendukung pengembangan teknologi 5G di Indonesia. Lebih dari itu, kami ingin meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang dengan pemerintah Indonesia," ujar Cristiano Amon dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (25/1/2020).

Sementara itu Menkominfo menyampaikan bahwa Indonesia berpeluang besar dan sedang bersiap untuk menjadi digital hub di kawasan Asia.

"Salah satu kunci untuk menjadi terdepan di era digital adalah kesiapan infrastruktur, di antaranya dengan penguatan konektivitas melalui teknologi 5G," ujarnya.

Menanggapi penawaran Qualcomm, yang beken berkat prosesor Snapdragon itu, Plate menyatakan pihaknya terbuka untuk bekerjasama dalam rangka mendukung kepentingan nasional Indonesia, misalnya dalam inisiatif pembangunan ibukota baru.

Ilustrasi jaringan 5G. (Pixabay/ mohamed_hassan)

Sambutan senada juga disampaikan Plate saat menerima VP Global Public Policy Amazon Web Services Michael Punke di Davos.

Pertemuan ini kedua belah pihak membicarakan beberapa topik seperti realisasi rencana investasi, perlindungan data pribadi, dan dukungan AWS terhadap ekonomi digital Indonesia.

Pertemuan dengan dua raksasa teknologi global tersebut menjadi agenda penutup sejumlah pertemuan maraton yang dilakukan oleh Menkominfo di ajang WEF 2020.

Dengan beredianya Qualcomm membantu pengembangan teknologi 5G di Tanah Air, kita tunggu saja kehadiran jaringan 5G secara komersial. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Muncul Rumor Qualcomm Pasok Chip 5G ke Huawei, Begini Faktanya