Senin, 30 November 2020
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 05 Februari 2020 | 11:15 WIB

Hitekno.com - Pihak berwenang China mengerahkan drone dalam memerangi wabah virus corona, tindakan ini dilakukan pemerintah china untuk mencegah penyebaran vrius semakin meluas.

Seperti video yang dirilis oleh media pemerintah China menunjukkann drone yang dilengkapi dengan pengeras suara yang memungkinkan pejabat berkomunikasi dengan publik.

Salah satu video yang beredar di media sosial yang diterbitkan media pemerintah China menunjukkan sebuah drone terbang di dekat seorang wanita tua dan berbicara padanya hingga membuatnya bingung.

Dilansir dari laman ABC News, drone tersebut memperingatkan orang-orang di china untuk tetap selalu memakai masker jika ingin keluar, jika tidak memakan sebaiknya untuk pulang ke rumah dan mencuci tangan.

Dalam video yang diunggah dalam laman Gizchina, terlihat drone yang biasanya digunakan di pertanian dilibatkan dalam penyebaran virus corona ini.

Drone untuk memerangi virus corona. (Pixabay/DJI-Agras)

 

Drone pertanian ini digunakan untuk menyemprotkan disinfektan untuk mencegah virus corona menyebar lebih banyak di China.

Pesawat tak berawak ini diterbangkan di sekitar pemukiman warga untuk menyemprotkan disinfektan. Salah satunya pedesaan Heze di Provinsi Shandong memanfaatkan drone pertanian yang biasanya digunakan menyemprotkan hama.

Drone pertanian ini digunakan karena memang tak ada aktivitas pertanian, sehingga drone-drone ini menganggur dan dialihfungsikan untuk mencegah virus corona.

Satu drone yang diterbangkan di pemukiman warga bisa meliputi 16 ribu m2 area.

Sebelumnya, drone pertanian ini melayani 1,2 juta petani untuk menyemprotkan pestisida ke lahan pertanian mereka, kini pesawat tanpa awak tersebut difungsikan untuk menyemprotkan disinfektan agar pemukiman tersebut tetap steril dari virus corona.

BACA SELANJUTNYA

Pesaing DJI, Sony Berencana Memproduksi Perangkat Drone