Minggu, 05 Mei 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 07 Februari 2020 | 17:30 WIB

Hitekno.com - Jika melihat media sosial Instagram, banyak akun jual beli yang menawarkan smartphone dengan harga miring. Calon pembeli banyak yang tertarik karena di antara akun jual beli tersebut banyak yang mencatut logo PT Pegadaian (Persero).

Fanspage jual beli yang belum terverifikasi tersebut (alias bodong) terlihat meyakinkan karena mempunyai belasan hingga puluhan ribu follower.

Smartphone yang ditawarkan juga merupakan smartphone populer dengan spesifikasi tinggi.

Tim HiTekno menemukan salah satu akun bodong yang beralamatkan di @id_p*g*da*an.

Akun tersebut menjual barang-barang lelang yang menggiurkan termasuk smartphone flagship murah hingga emas dengan harga sangat miring hingga harga tak masuk akal.

Akun Instagram ini mencatut logo Pegadaian dan menjual smartphone murah. (Instagram)

Empat gram emas bahkan bisa dibeli dengan harga Rp 900.000.

Sebuah postingan menawarkan salah satu smartphone kelas menengah terbaru dari Samsung yang diluncurkan pada akhir Desember 2019 lalu.

"Barang lelang dengan harga Rp 1.500.000. Siapa cepat dia dapat. HP Samsung A51," tulis akun tersebut.

Akun itu terlihat meyakinkan karena memiliki logo terbaru dari PT Pegadaian (Persero) dan mengklaim bahwa smartphone tersebut merupakan barang lelang.

Cukup miring, harga pasaran di situs resmi Samsung untuk Galaxy A51 dengan spesifikasi yang sama adalah sebesar Rp 4,4 juta.

Akun Instagram ini mencatut logo Pegadaian dan menjual smartphone murah. (Instagram)

Dalam sebuah postingan lain, mereka bahkan menawarkan iPhone XS Max memori internal 512 GB dengan harga Rp 5.500.000.

Padahal harga pasaran iPhone XS Max memori internal 512 GB sudah menyentuh harga Rp 22 juta. Tentunya selisih harga yang ditawarkan terlihat sangat jauh.

Namun ketika dikonfirmasi ke akun resmi PT Pegadaian, pihaknya mengakui bahwa akun-akun yang menjual smartphone dengan harga miring di atas bukan akun resmi dan juga bukan barang lelang dari Pegadaian.

Logo PT Pegadaian. (Wikipedia/ PT Pegadaian)

"Akun tersebut bukan akun resmi Pegadaian. Saat ini Pegadaian tidak melakukan lelang secara online, mohon hati-hati dalam proses transaksi online. Dan apabila Anda ingin melakukan barang lelang, silahkan kunjungi cabang atau kantor pusat Pegadaian. Untuk akun Instagram resmi Pegadaian hanya @pegadaian_id, @sahabatpegadaian dan @pegadaiansyariahpusat," tulis keterangan resmi dari PT Pegadaian.

Melihat maraknya postingan di Instagram yang mencatut barang lelang seperti smartphone dengan harga miring, kalian harus berhati-hati ya!

BACA SELANJUTNYA

Benarkah Pengguna Android Berbondong-bondong Pindah ke iPhone? Begini Kata Riset