Senin, 13 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 13 Februari 2020 | 08:30 WIB

Hitekno.com - Samsung Galaxy Z Flip, yang diluncurkan di San Francisco, Amerika Serikat pada Rabu (12/2/2020), dipuja-puji karena kecanggihanya tetapi sayang para pengamat sudah menemukan salah satu kelemahan pada gawai berlayar lipat tersebut.

Seperti diwartakan CNet, Samsung Galaxy Z Flip - yang dijual seharga 1.380 dolar AS atau sekitar Rp 18 juta - rupanya sangat gampang kotor. Minyak dari keringat, jejak tangan, dan sidik jari pengguna mudah menempel dan sangat mencolok terlihat.

Tak heran jika Samsung menugaskan banyak staf untuk membersihkan Galaxy Z Flip setiap kali ponsel itu dipegang atau dicoba oleh pengunjung yang memadati Palace of Fine Arts, tempat gawai itu diluncurkan.

Untuk pembanding, saingan Samsung Galaxy Z Flip, Motorola Razr juga mudah kotor. Tetapi menurut CNet, minyak dan bekas jari yang tertinggal pada ponsel lipat Razr tak separah pada Galaxy Z Flip.

Terbuat dari baja stainless dan plastik yang dilapisi oleh Gorilla Glass 3, Motorola Razr memang juga mudah kotor. Tetapi pada Samsung Galaxy Z Flip, minyak dari jari yang tertinggal sangat kentara terlihat.

Samsung Galaxy Z Flip ketika dilipat. (Samsung)

Samsung Galaxy Z Flip mengusung desain clamshell. Ketika dilipat, dimensinya hanya 87,4 x 73,6 x 17,3 mm. Namun ketika dibuka, ukurannya meluas menjadi 167,9 x 73,6 x 7,2 mm. Bobotnya sendiri mencapai 183 gram.

Di sektor dapur pacu Samsung Galaxy Z Flip mengandalkan prosesor Snapdragon 855 Plus Octa-Core 64-bit dengan fabrikasi 7 nm dan kecepatan 2,95 GHz. Prosesor tersebut dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB.

Di bagian atas layar, terdapat punch hole yang menjadi tempat bernaung kamera selfie 10 MP. Sedangkan di belakang, terpasang dua kamera dengan komposisi 12 MP, f/1.8, dan 12 MP ultra wide.

Samsung Galaxy Z Flip dibekali baterai 3.300 mAh dengan pengisian cepat 15 Watt. Selain itu, tersemat pula sensor sidik jari di pinggiran bodinya. Konektivitasnya sendiri cukup wah karena punya port USB Type C, NFC dan speaker stereo.(Suara.com/Liberty Jemadu)