Selasa, 18 Februari 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 13 Februari 2020 | 18:34 WIB

Hitekno.com - Aplikasi WhatsApp mengenalkan fitur keamanan baru dalam layanannya, yaitu sidik jari untuk pengguna Android dan Touch ID serta Face ID untuk pengguna iPhone. 

Fitur keamanan tambahan ini berfungsi untuk melindungi keamanan sebanyak 2 miliar pengguna WhatsApp di seluruh dunia dan setiap pertukaran pesan dilindungi oleh enkripsi ujung-ke-ujung.

Enkripsi ujung-ke-ujung berarti, tidak ada orang lain selain pengguna dan orang yang berada dalam percakapan yang dapat membaca atau mendengar konten pesan tersebut, bahkan WhatsApp sekalipun.

Untuk mengaktifkan kunci sidik jari pada perangkat Android, buka WhatsApp > More options > Settings > Account > Privacy. Gulir ke bawah dan pilih Fingerprint lock (kunci sidik jari). Aktifkan Unlock with fingerprint lalu sentuh sensor sidik jari pada perangkat untuk mengonfirmasi sidik jari pengguna.

Pengguna dapat mengetuk untuk memilih jumlah waktu sebelum otentikasi sidik jari diminta. Aktifkan Show content dalam pemberitahuan jika pengguna ingin melihat pesan teks di dalam pemberitahuan pesan baru.

Untuk menonaktifkan fitur kunci sidik jari, pengguna dapat membuka aplikasi WhatsApp > pilih More options > Settings > Account > Privacy. Gulir ke bawah dan pilih Fingerprint lock. Nonaktifkan Unlock with fingerprint.

Sebagai catatan, fitur keamanan sidik jari ini hanya tersedia pada perangkat Android dengan sensor sidik jari yang menjalankan versi Android 6 atau versi lebih tinggi.

Untuk menggunakan kunci sidik jari, pengguna juga harus mengaktifkannya di pengaturan ponsel. Pengguna masih dapat menjawab panggilan jika aplikasi terkunci.

Touch ID iPhone. [Shutterstock]

Touch ID atau Face ID dapat digunakan pada iPhone dengan iOS 9 atau versi lebih baru. Pengguna masih dapat membalas pesan dari notifikasi dan menjawab panggilan jika aplikasi terkunci.

Untuk menggunakan Touch ID atau Face ID, pengguna harus mengaktifkannya di pengaturan iPhone. Jika Touch ID atau Face ID gagal, pengguna dapat memasukkan kode sandi cadangan perangkat.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)