Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 18 Februari 2020 | 10:02 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Aplikasi perpesanan instan, WhatsApp ini sudah digunakan lebih dari 2 miliar pengguna secara global. Pengguna WhatsApp setiap harinya digunakan untuk bertukar pesan, foto, hingga GIF ke pengguna WhatsApp lainnya.

WhatsApp menyediakan fitur bagi pengguna untuk melihat siapa saja orang yang paling sering bertukar pesan, bisa jadi sahabat, orang tua, rekan kerja, bos, pacar, atau gebetan.

Untuk melihatnya, pengguna dapat membuka aplikasi WhatsApp > klik Pengaturan atau Setelan > Data dan penyimpanan > Penggunaan penyimpanan.

Dari menu tersebut, pengguna akan melihat daftar lengkap dari kontak-kontak dan grup WhatsApp yang pengguna ikuti. Di mana orang yang paling sering pengguna kirimkan pesan akan berada di urutan paling atas, yang diukur berdasarkan penyimpanan data di ponsel.

Namun, jika itu adalah grup WhatsApp, kemungkinan kontak tersebut tidak selalu menjadi orang yang paling sering pengguna kirimkan pesan. Pasalnya, foto dan video membutuhkan banyak ruang dalam penyimpanan, sehingga mempengaruhi daftar peringkat.

Pengguna dapat mengklik nama orang yang diinginkan untuk melihat seberapa banyak pertukaran pesan terjadi sejak berteman di WhatsApp.

Pengguna juga dapat melihat berapa banyak foto, GIF, video, pesan suara, dokumen, stiker, kontak, hingga lokasi yang telah dibagikan sejak awal menjalin pertemanan di WhatsApp.

Jika ingin menghapus data, pengguna cukup klik Kosongkan Ruang di bagian bawah layar untuk menghapus semua data yang ada.

Ilustrasi pesan di Whatsapp. (Shutterstock)

Selain itu, pengguna juga dapat melihat berapa banyak pesan yang telah pengguna kirim dan terima secara keseluruhan. Untuk melihatnya, buka WhatsApp > klik Pengaturan atau Setelan > Data dan penyimpanan > Penggunaan jaringan.

Dari menu tersebut, pengguna dapat mengetahui berapa banyak pesan yang telah pengguna kirim dan terima sejak mulai menggunakan WhatsApp.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat melihat berapa banyak panggilan masuk dan keluar yang diterima, media, Google Drive, status, hingga roaming.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Cara Menonaktifkan WhatsApp Tanpa Hapus Aplikasi, Aman Bebas Gangguan