Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 19 Februari 2020 | 19:05 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Smartphone lipat digadang-gadang jadi salah tren tahun ini. Meski begitu, persualan layar yang rentan rusah masih menghantui, termasuk pada Motorola Razr.

Permasalahan dengan layar smartphone lipat nampaknya berlum berakhir. Setelah Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X yang mengalami penundaan, kini giliran Motorola Razr. 

Dalam sebuah ulasan yang digarap oleh Raymond Wong, Senior Reviews Editor dari Inputmag, ia menjabarkan bagaimana pengalamanya ketika ia mengunakan Motorola Razr

Seperti diketahui, Motorola Razr adalah salah satu smartphone terbaru yang mengusung konsep layar lipat. Namun konsepnya agak berbeda dengan Samsung Galaxy Fold dal Huawei Mate X.

Ia menggarisbawahi poin penting sekaligus cukup mencengangkan. Dengan mahar 1.500 dolar AS atau sekitar Rp 21 juta untuk menebus harga Motorola Razr.

Raymond Wong menemukan engsel yang bermasalah dan juga terdapat benjolan aneh di bawah layar lipat.

Padahal, menurut pengakuan Wong, ia baru mengunakan perangkat tersebut kurang lebih selama satu pekan saja.

Smartphone lipat Motorola Razr 2019. (Motorola)

"Saya memperhatikan bahawa layar smartphone sudah mulai mengelupas pada lapisan atas, tepat di bagian engsel lipat. Dan kemudian seperti menciptakan gelembung antara layar dan laminasi," ujarnya seperti dikutip dari The Verge, Rabu (19/2/2020).

Lebih jauh lagi, Raymond Wong menyebut bahwa gelembung itu tidak hanya tapi mengurangi fungsionalitas layar sentuh.

Ia menilai bahwa bagian-bagian layar di atas gelembung masih merespons sentuhan, tetapi bagian tengah layar tidak begitu responsif.

Menariknya, ia juga tidak mengetahui penyebab kemunculan gelembung itu, apalagi Wong mengaku tidak pernah menjatuhkan perangkat, tidak pernah basah, lembab, atau bahkan mendekati cairan.

Meski begitu, ia berspekulasi bahwa hal ini terjadi kemungkinan karena perubahan suhu dari menggunakan smartphone lipat ini dalam cuaca dingin dan kemudian kembali ke apartemennya yang hangat.

Akan tetapi, sulit untuk memastikan apakah itu penyebab yang menimbulkan gelembung pada layar lipat Motorola Razr.

Meski ulasan yang dibuat Wong sudah tersebar luas, namun Motorola sendiri belum menanggapi permasalahan ini.

Kita tunggu saja, apakah persoalan layar mengelupas pada Motorola Razr ini bisa teratasi? (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Galaxy AI Segera Hadir di Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5