Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 03 Maret 2020 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Virus corona yang menyebar lewat percikan ludah dan ingus, diduga bisa bertahan hidup berjam-jam. Bahkan disebutkan virus ini bisa bertahan di layar smartphone hingga 96 jam.

Rudra Channappanavar, imunolog yang mempelajari virus corona dari Universitas Tennessee Health Science Center, Amerika Serikat menyampaikan kemampuan bertahan hidup virus tersebut di layar smartphone.

Kaca, jelas Rudra Channappanavar, terutama yang banyak digunakan pada layar smartphone bisa menjadi tempat hidup virus corona selama empat hari dalam lingkungan dengan suhu kamar.

Estimasi ini berdasarkan data yang yang dikumpulkan oleh para ilmuwan saat virus SARS merebak pada 2003 dan telah dilaporkan kepada lembaga kesehatan dunia (WHO).

SARS dan Covid-19 sama-sama disebabkan oleh virus corona, tetapi dari jenis berbeda. Keduanya memiliki banyak kemiripan: masuk melalui saluran udara di tubuh, memiliki material genetik rantai tunggal (RNA), dan protein-proteinnya menjulur dari cangkangnya.

Virus pemicu SARS dinamai SARS-CoV. Sementara virus baru yang sekarang sedang merebak disebut SARS-CoV-2 atau Covid-19.

Jadi, setidaknya dalam teori dari Rudra Channappanavar ini, penyebaran virus corona bisa terjadi lewat layar smartphone.

Ilustrasi smartphone. (Pixabay/relexahotels)

Bayangkan jika seseorang batuk atau bersin di dekat smartphone kamu dan percikan ludah atau ingusnya menempel di layar smartphone.

Lalu saat sedang mengecek WhatsApp atau media sosial, kamu menyentuh layar smartphone lalu secara tidak sengaja memegang mulut atau hidung.

Layar smartphone sendiri termasuk salah satu benda paling jorok dan penuh kuman di muka Bumi. Beberapa studi bahkan menyebutkan bahwa layar smartphone lebih jorok dari dudukan toilet.

Untungnya ada cara mudah untuk membersihkan smartphone dari bakteri atau virus berbahaya seperti virus corona. Pertama, bersihkan layar smartphone Anda secara rutin menggunakan kain microfiber yang diolesi sedikit air bersabun.

Kamu juga bisa menggunakan tisu bayi yang mengandung alkohol untuk membersihkan layar smartphone.

Tetapi cara yang paling mudah adalah: rajinlah mencuci dan kurangi menyentuh wajah agar terhindar dari virus corona. 

Itulah penjelasan virus corona yang bisa bertahan hidup pada layar smartphone selama 96 jam. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Menguak Mitos dan Fakta Seputar Layar Smartphone