Selasa, 16 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 21 Maret 2020 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pandemi virus corona COVID-19 yang menyebar di seluruh dunia membuat beberapa negara melarang warganya untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Kebijakan ini membuat beberapa perusahaan menerapkan bekerja dari rumah atau istilahnya work from home.

Saat bekerja jarak jauh, tentunya satu tim yang biasanya berinteraksi secara langsung kini harus saling bertemu melalui video call atau konferensi video bersama rekan kerja.

Meskipun jarak jauh dan hanya dibatasi layar webcam perangkat laptop dan komputer, tapi kamu harus tahu hal-hal yang tidak kamu lakukan dan hal yang sebaiknya kamu lakukan saat kamu melakukan panggilan video.

Dilansir dari laman The Verge, ini sedikit tips buat kamu yang kini tengah menjalani self distancing dan work from home.

Periksa penampilan

Ilustrasi work from home. (Pexels/Mosse Photo)

Meski bekerja dari rumah, sebaiknya kamu tidak menggunakan pakaian kamu sehari-hari di rumah juga ya seperti piyama atau kaos oblong.

Pastikan kamu tetap berpakaian rapi dan mengikuti kode pakaian tempat kerja dan memakainya secara normal, hal ini akan membuat kamu tampil lebih baik.

Siapkan tempat

Ilustrasi work from home. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Selain penampilan, tempat yang akan kamu gunakan saat video call dengan satu tim juga harus kamu perhatikan, pasalnya hal-hal yang menonjol bisa membuat teman satu tim kamu akan salah fokus.

Cari tempat pribadi yang meminimalisir dari kebisingan, siapkan perangkat kamera dan lakukan di tempat yang cukup terang.

Posisi saat video call

Ilustrasi work from home. (Pixabay/Tumisu)

Pastikan kamu terlihat di kamera dan tak menghalangi pandangan. Usahakan jangan duduk terlalu jauh dan dekat dengan kamera.

Temptkan kamera kamu setinggi mata sehingga saat kamu melihat layar, seolah-olah kamu sedang menatap lawan bicara.

Ketahui kapan harus mematikan audio dan video

Ilustrasi mengetik di laptop, (Pixabay/Pexels)

Jika tiba-tiba gangguan muncul saat kamu tengah melakukan panggilan video berlangsung dan tak bisa dihentikan, sebaiknya matikan microfon atau tutup kamera kamu sementara.

Pasalnya gangguan tersebut juga akan berpengaruh pada teman yang ada di layar saat kamu video call.

Beri jeda sejenak jika akan berbicara

Ilustrasi mengetik di laptop, (Pixabay/picjumbo_com)

Panggilan video sangat berpengaruh pada sinyal WiFi dan internet yang kamu gunakan, jadi meskipun terlihat lancar pada panggilan video kamu, belum tentu teman kantor kamu juga lancar.

Jadi beri jeda beberapa detik sebelum berbicara saat satu tim kamu selesai bertanya atau mengijinkan kamu berbicara.

Itulah tadi hal-hal yang perlu kamu lakukan saat melakukan video call dan work from home dengan rekan satu kantor, selamat mencoba.

BACA SELANJUTNYA

Pria Nekat Video Call Bareng Gadis Lain Saat Sedang Pacaran, Netizen Minta Bagi Ilmu