Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 19 April 2020 | 08:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Aturan IMEI (International Mobile Equipment Identity) telah mulai diberlakukan pada kemarin, Sabtu (18/4/2020). Dengan aturan ini, alangkah baiknya kita membeli HP baru yang legal.

Jika tidak ingin HP baru yang kamu beli diblokir, bijak-bijaklan untuk memilih cara legal. Karena memang aturan IMEI ini menyasar HP black market atau HP BM.

Menurut Nies Purwati, Director Government Affairs Qualcomm International, ada lima keuntungan yang didapatkan pengguna jika membeli HP baru dengan IMEI legal.

Inilah lima (5) keuntungan membeli ponsel dengan IMEI legal:

  1. HP baru dengan IMEI legal menghindarkan pengguna dari serangan malware yang biasa disisipkan di gawai abal-abal melalui aplikasi tertentu, salah satunya aplikasi fintech palsu.
  2. HP baru dengan IMEI legal akan memberikan perlindungan dan keamanan data pengguna, khususnya informasi kartu kredit pada sejumlah aplikasi perbelanjaan maupun keuangan.
  3. Jika HP pengguna hilang atau dicuri, pengguna tidak perlu khawatir karena perangkat dengan IMEI legal yang hilang ataupun dicuri dapat otomatis terblokir sehingga data pengguna akan aman.
  4. Pencuri atau orang yang menemukan ponsel itu pun tidak dapat menggunakannya karena telah terblokir, serta dapat mengurangi adanya penjualan kembali smartphone ilegal melalui black market atau pasar gelap.
  5. HP baru dengan IMEI legal memiliki after sales service atau layanan purna jual dengan mendapatkan garansi lebih bagus.

 

Ilustrasi Smartphone. (Hitekno.com)

Setelah membeli HP baru, pengguna dapat mengecek IMEI apakah terdaftar atau tidak melalui situs website Kemenperin dengan mengakses www.imei.kemenperin.go.id.

Jika HP baru pengguna legal, maka akan muncul keterangan "IMEI terdaftar di database Kemenperin". Sebaliknya, jika ponsel pengguna ilegal maka keterangan yang muncul akan berbunyi, "IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin".

Itulah keuntungan membeli HP baru secara legal semenjak aturan IMEI ini diberlakukan. Apakah kamu pengguna HP BM selama ini? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Resmi Diluncurkan, Cek Apa Kelebihan Samsung Galaxy A55 5G dan Galaxy A35 5G