Selasa, 30 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 21 April 2020 | 15:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Surat lamaran kerja adalah salah satu hal penting untuk kamu yang mencari pekerjaan. Tidak banyak yang tahu, sering kali struktur surat lamaran kerja yang dikirimkan malah kacau. Biar nggak salah lagi, begini cara membuat surat lamaran kerja.

Dalam melamar pekerjaan di kantor atau perusahaan, surat lamaran kerja adalah poin penting yang mempengaruhi apakah kamu akan diterima atau tidak.

Melalui surat lamaran kerja, kamu perlu mempromosikan diri dengan sebaik-baiknya agar menjadi nilai tambah bagi kantor atau perusahaan yang dituju.

Sering disepelekan hingga salah struktur, berikut cara membuat surat lamaran kerja. Diperhatikan baik-baik sebelum melamar kerja ya.

1. Di bagian pucuk surat lamaran kerja bagian kanan, jangan lupa untuk menyematkan tempat dan tanggal surat lamaran kerja ini dibuat. Tepat di bawahnya, alamat perusahaan yang kamu tuju. Yang kemudian dilanjutkan dengan salam.

Cara membuat surat lamaran kerja. (Suara.com)

2. Pada bagian isi surat lamaran kerja, kalimat pertama yang bisa kamu berikan adalah mengenai sumber informasi lowongan pekerjaan yang dilanjutkan dengan niat untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

Cara membuat surat lamaran kerja. (Suara.com)

3. Bagian selanjutnya dari isi surat lamaran kerja ini sematkan biodata diri berisi nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan terakhir, alamat, dan nomor yang bisa dihubungi.

Cara membuat surat lamaran kerja. (Suara.com)

4. Sebelum menutup surat lamaran kerja, jangan lupa untuk memberikan promosi diri dengan menjelaskan mengenai pengalaman dan kemampuan kamu.

Cara membuat surat lamaran kerja. (Suara.com)

5. Beberapa informasi data diri yang dilampirkan juga dijelaskan pada poin ini ya. Bagian penutup, sampaikan keinginan besar kamu untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

Cara membuat surat lamaran kerja. (Suara.com)

6. Terakhir, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih dan keinginan untuk menerima kabar baik dari perusahaan ini ya. Bagian 'Hormat saya' dan nama lengkap kamu yang disematkan di kanan surat lamaran kerja menjadi penutup surat ini.

Cara membuat surat lamaran kerja. (Suara.com)

Cukup sederhana namun sering disepelekan, jika ingin melamar kerja ke kantor atau perusahaan, penting untuk mengikuti cara membuat surat lamaran kerja ini ya.

BACA SELANJUTNYA

6 Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik 2023, Job Seeker Wajib Coba