Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 24 April 2020 | 11:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Usai terungkapnya kasus WhatsApp diretas yang berujung penangkapan Ravio Patra, banyak pengguna WhatsApp yang lalu mempertanyakan keamanan aplikasi ini. Sebagai jaga-jaga, 5 cara berikut ini bisa dilakukan untuk memastikan WhatsApp aman.

Selama ini, WhatsApp diklaim cukup aman karena memiliki dinding keamanan berlapis yang bisa menjaga privasi pengguna. Namun, tidak dipungkiri, celah keamanan dari rapatnya dinding tersebut masih bisa dibobol oknum tidak bertanggung jawab.

Salah satu fitur keamanan WhatsApp yang hingga kini disangsikan keamanannya adalah kode OTP via SMS. Hal ini dirasa rentan dibobol karena masih menggunakan dukungan provider dan jaringan.

Walaupun keamanan WhatsApp dipertanyakan, tetap saja aplikasi bertukar pesan ini paling banyak diminati oleh pengguna HP kekinian.

Sebagai bentuk untuk menjaga privasi agar tidak menjadi sasaran peretas, berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan WhatsApp aman digunakan.

1. Mengatur privacy

Mengatur privacy WhatsApp. (HiTekno)

Jangan disepelehkan, mengatur privacy dengan memberikan pengamanan ganda pada WhatsApp adalah hal yang perlu dilakukan. Mengaktifkan fingerprint lock atau face ID sangat disarankan untuk dilakukan.

Cara mengaktifkan fitur tersebut adalah dengan masuk ke 'Settings' lalu ke 'Account' dan ke 'Privacy' lalu ke 'Screen Lock'.

2. Mengatur Security Notifications

Mengatur Security Notifications WhatsApp. (HiTekno)

Tanpa disadari, mengatur Security Notifications juga merupakan hal penting. Fitur satu ini memungkinkan WhatsApp untuk memberi kamu notifikasi mengenai aman atau tidaknya berkomunikasi dengan akun WhatsApp lainnya.

Hal ini berdasar pada Encryption Code masing-masing pengguna. Biasanya, akan ada notifikasi yang diberikan saat jendela chat dibuka. Cara mengaktifkannya, kamu hanya perlu ke 'Security' lalu 'Enable Security Notifications'.

3. Mengatur Two Step Verification

Mengatur Two Step Verification WhatsApp. (HiTekno)

Zaman serba digital membuat Two Step Verification menjadi hal wajib. Two Step Verification memungkinkan kamu untuk mengatur pin dan menggunakan alamat email untuk penanganan aktivitas mencurigakan seperti peretasan.

Cara mengaktifkan fitur ini adalah dengan masuk ke 'Settings' lalu ke 'Account' kemudian 'Two-Step Verification.

4. Cek Encryption Code di profil user

Cek Encryption Code di profil user WhatsApp. (HiTekno)

Sering diabaikan, mengecek Encryption Code ini berguna untuk membuatmu lebih yakin dengan orang yang bertukar pesan dengan kamu.

Encryption Code dengan kode dan barcode pada WhatsApp ini menandakan bahwa WhatsApp menjamin orang yang bertukar pesan dengan kamu telah terverifikasi.

5. Matikan auto add grup

Matikan auto add grup WhatsApp. (HiTekno)

Baru rilis beberapa waktu yang lalu, kini kamu dapat mengatur siapa yang berhak mengajak kamu masuk grup atau siapa yang tidak. Hal ini berguna agar nomor pribadi kamu tidak menyebar ke sembarang orang.

Cara mengaktifkan fitur ini adalah dengan masuk ke 'Account' lalu ke 'Privacy' kemudian mengatur pilihan 'Group'. Pada bagian ini kamu bisa mengatur siapa saja yang bisa mengajak kamu masuk ke grup baru.

Itu tadi 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan WhatsApp yang kamu gunakan aman. Sebagai bentuk berjaga-jaga, lakukan 5 hal di atas ya.

BACA SELANJUTNYA

Voice Chat Hadir untuk WhatsApp Grup