Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Senin, 27 April 2020 | 19:33 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Salah satu bos vendor HP asal China, Xiaomi didenda dan wajib membayar ratusan juta rupiah usai melemparkan candaan berbau seksis di media sosial terkait ponsel terbarunya. 

Wakil Presiden Xiaomi Chang Cheng pada Jumat (23/4/2020) mengunggah tulisan berisi daftar lelucon tentang cara menggunakan Xiaomi Mi 10 Youth, ponsel dengan kamera berfitur 5 kali zoom, di media sosial Weibo.

"Di balik kamar perempuan cantik di asrama wanit, ada ruang untuk ....," tulis Cheng soal lelucon yang dinilai sebagai ajakan untuk menguntit dan memotret perempuan secara diam-diam.

Alhasil, unggahan Cheng itu memanti kritik serta komentar negatif dari para pengguna Weibo, media sosial mirip Twitter di China. Cheng dinilai tidak menghormati perempuan.

"Tolong jangan membuat perempuan merasa jijik melihat lelaki menggunakan ponsel Xiaomi," tulis seorang pengguna Weibo, mengomentari candaan Cheng itu.

ilustrasi-logo-xiaomi-shutterstock.jpg

Cheng belakangan menghapus unggahannya dan meminta maaf. Ia juga mengumumkan telah menyumbang sebesar 14.000 dolar AS atau sekitar Rp 217.448.000 ke Adream, sebuah yayasan pendikan di China.

"Saya sungguh salah dan menerima semua kritik," tulis Cheng.

Pada Minggu (26/4/2020) giliran Xiaomi yang meminta maaf secara resmi. Perusahaan itu berjanji akan memperkuat pelatihan ke karyawannya untuk mencegah peristiwa serupa terjadi lagi. (Suara.com/Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

Xiaomi 14 dan Jajaran Wearables Terbaru Resmi Dipasarkan