Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 02 Mei 2020 | 11:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bermasalah dengan notifikasi WhatsApp yang tidak muncul? Tenang tak perlu panik buru-buru instal ulang. Ada cara memperbaiki notifikasi WhatsApp yang bermasalah.

Pemberitahuan atau notifikasi aplikasi WhatsApp terkadang tidak berfungsi dengan baik. Sehingga buntutnya mengharuskan pengguna membuka aplikasi untuk memeriksa secara manual.

Tidak perlu langsung instal ulang aplikasi WhatsApp. Dilansir dari Lifewire, ada bermacam penyebab mengapa notifikasi WhatsApp tidak bisa tampil secara benar.

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/antonbe)

Berikut 10 cara memperbaiki notifikasi WhatsApp yang tidak berfungsi:

  1. Periksa jaringan internet
    Pengguna mungkin tanpa sadar tidak mengaktifkan jaringan internet sehingga tidak mendapatkan pemberitahuan. Selain itu juga periksa mode pesawat. Pengguna mungkin telah mengaktifkan mode pesawat yang menonaktifkan semua konektivitas internet.
  2. Aktifkan pemberitahuan dalam aplikasi WhatsApp
    Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan > Pemberitahuan dan pastikan preferensi pemberitahuan dihidupkan.
  3. Periksa peraturan Do Not Disturb
    Pengaturan Do Not Disturb pada ponsel bisa menjadi salah satu penyebab mengapa pengguna tidak mendapatkan pemberitahuan WhatsApp.
  4. Matikan Wi-Fi
    Meskipun mungkin pengguna terhubung ke koneksi Wi-Fi, layanan internet bisa saja down. Coba matikan Wi-Fi di perangkat dan beralih menggunakan jaringan seluler untuk melihat apakah hal itu membantu.
  5. Mulai ulang perangkat
    Memulai ulang atau restart perangkat dapat memperbaiki banyak masalah. Cobalah untuk memulai ulang perangkat dan periksa kembali notifikasi.
  6. Perbarui aplikasi WhatsApp
    Terkadang versi baru sistem operasi dapat menyebabkan fitur aplikasi tertentu berhenti berfungsi dengan benar dan pembaruan aplikasi dapat memperbaikinya dengan meningkatkan kompatibilitas.
  7. Periksa Low Power Mode
    Banyak perangkat memiliki fitur yang secara otomatis menonaktifkan aktivasi aplikasi layar belakang dan pemberitahuan ketika daya baterai hampir habis. Periksa Low Power Mode untuk memastikannya.
  8. Aktifkan aktivitas latar belakang
    Untuk mengaktifkannya di iPhone, buka Pengaturan ponsel > WhatsApp di iPhone dan periksa apakah Background App Refresh dan Mobile Data diaktifkan. Untuk pengguna Android, buka Manajer Aplikasi > WhatsApp > Penggunaan Data dan pastikan fitur Membatasi Latar Belakang tidak dicentang.
  9. Logout di perangkat lain
    Mungkin sebenarnya pengguna mendapatkan notifikasi WhatsApp di perangkat lain karena masuk di banyak tempat. Logout dari semua aplikasi WhatsApp pengguna di ponsel, tablet, dan komputer lalu masuk kembali hanya dengan satu aplikasi di satu perangkat.
  10. Aktifkan pemberitahuan dekstop
    Jika pengguna menggunakan versi web WhatsApp, pengguna harus mengaktifkan notifikasi dengan mengklik prompt di browser setelah pengguna menghubungkan akun.

Itulah cara memperbaiki notifikasi WhatsApp yang tidak berfungsi dengan baik. Selamat mencoba tips aplikasi WhatsApp di atas. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Cara Mengaktifkan Picture in Picture WhatsApp, Berguna dan Memudahkan