Kamis, 28 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 19 Mei 2020 | 12:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Karena pandemi yang tengah terjadi, pemerintah menyarankan masyarakat Indonesia untuk tidak melakukan mudik. Sebagai gantinya, kamu bisa merasakan mudik digital dengan cara-cara berikut ini.

Dari tahun ke tahun, mudik menjadi salah satu hal wajib yang perlu dilakukan menyambut lebaran. Pulang ke rumah setelah satu tahun merantau adalah hal yang begitu dirindukan oleh siapa saja.

Sayangnya, niatan ini justru tidak sejalan dengan keadaan saat ini ketika virus corona begitu liar mewabah. Sebagai upaya pemutusan penyebaran virus corona, mudik lalu ditiadakan.

Untuk sebagian orang, kesal rasanya karena tidak dapat berkumpul bersama keluarga di momen lebaran. Sebagai gantinya, rasakan mudik digital dengan menggunakan beberapa cara di bawah ini ya.

1. Video Call

Ilustrasi video call. (pexels/Andrea Piacquadio)

Salah satu cara melepas rindu dan melakukan mudik digital adalah dengan melakukan video call bersama orang terkasih. Walaupun tidak bisa langsung berjabat tangan atau sungkem, kamu bisa saling bermaafan melalui aplikasi video call.

Beberapa aplikasi video call yang bisa kamu gunakan untuk melakukan mudik digital antara lain Zoom, Skype, WhatsApp, Line, bahkan Google Duo. Pilih sesuai yang kamu paling paham penggunaannya ya.

2. Google Street View

Mobil Google Street View. (Google)

Suasana rumah dan kampung halaman memang terkadang membuat rindu, hal ini yang lalu membuat mudik selalu menyenangkan.

Sebagai gantinya agar kamu tidak terlalu merasa sedih karena tidak bisa pulang, kamu bisa melakukan pantauan daerah rumah dan kampung halaman dengan bermodalkan Google Street View.

3. CCTV Pemerintah Daerah

Ilustrasi kamera CCTV. (Pixabay/Stocksnap)

Jika video call dan memantau daerah rumah dengan Google Street View masih terasa kurang memuaskan kamu, mengakses CCTV Pemerintah Daerah melalui situs resmi mungkin akan sedikit membantu.

Telusuri jalanan di kampung halaman sambil mengingat momen manis yang pernah terjadi bisa kamu andalkan untuk mengobati rasa rindu kamu yang hanya dapat melakukan mudik digital.

Itu tadi 3 cara yang bisa digunakan untuk melakukan mudik digital. Demi hal baik dan memutus penyebaran virus corona, bersabar dan tahan rindu kamu untuk bertemu orang rumah ya.

BACA SELANJUTNYA

Baterai Besar Cocok untuk Mudik, Cek Harga Samsung Galaxy M14 5G