Sabtu, 15 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 07 Juni 2020 | 12:45 WIB

Hitekno.com - Belum lama media sosial dihebohkan dengan wallpaper yang membuat HP Android bermasalah hingga eror. Wallpaper dengan latar pemandangan gunung dan danau yang indah tersebut ternyata dapat mengganggu kinerja HP, khususnya Android.

Sekilas, tidak ada yang berbeda atau aneh dengan penampakan wallpaper HP berbahaya tersebut. Pemandangan yang indah memang membuat wallpaper ini menarik untuk digunakan.

Hal ini dilaporkan beberapa perangkat HP yang memasang wallpaper dan menyebabkan perangkat mereka crash.

Saat ini sementara jika ada mendapat kiriman foto serupa menghindari menggunakan sebagai wallpaper.

Banyaknya keluhan dari pengguna Android saat itu, kabar baiknya kini Google tengah melakukan perbaiki wallpaper tersebut.

Dilansir dari laman Ubergizmo, kabar tersebut ditemukan di forum AOSP di mana perwakilan Google Wu Ahan tampaknya mengkonfirmasi bahwa perbaikan untuk bug sedang dikerjakan.

Cara mengatasi wallpaper HP berbahaya. (twitter/gadtorade)

Dalam unggahan tersebut, tampaknya Google sedang meninjau solusi perbaikan untuk masalah internal.

Tidak jelas apakah perbaikan ini akan berhasil atau Google terus akan mengujinya. Hal yang paling penting, tidak diketahi jelas kapan perbaikan akan dirilis.

Kabar mengenai wallpaper berbahaya ini mencuri perhatian pertama kali usai diungkap oleh akun Twitter @UniverseIce pada Minggu (31/5/2020) lalu.

Memberikan peringatan keras, akun Twitter ini mengunggah foto wallpaper HP tersebut. Dirinya menyebutkan jika wallpaper tersebut sebaiknya tidak digunakan karena bisa membuat HP dengan merek Samsung menjadi crash.

Tidak hanya HP Samsung, bahkan Google Pixel pun mengalami masalah. Juga sejumlah HP lain mengalami layar tiba-tiba kedip hidup mati sendiri.

9to5google pun menjajalnya di Google Pixel 2 dan masalah ini terjadi. Sedangkan Android Authority melaporkan kejadian ini tidak menimpa Huawei Mate 20 Pro.

Sebelum Google menemukan solusinya, jangan coba-coba memakai foto tersebut pakai wallpaper ini iya.