Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 16 Juni 2020 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Keyboard laptop yang terlihat bersih bukan berarti tidak menjadi sarang debu. Sering kali diabaikan oleh penggunanya, berikut cara praktis bersihkan keyboard laptop dengan mudah.

Sekilas, keyboard laptop memang dapat menjadi lokasi strategis tempat bersarangnya debu dan kotoran. Apalagi, lokasi-lokasi di keyboard laptop ini cenderung tersembunyi dan jauh dari penglihatan penggunanya.

Debu dan kotoran pada keyboard tidak bisa disepelekan. Pasalnya, partikel-partikel kecil ini mampu mempengaruhi keyboard yang sehari-hari kamu gunakan. Efek terparah dari hal ini adalah korslet hingga membuat laptop susah digunakan.

Karena bahaya ini, sebaiknya kamu menaruh sedikit perhatian khusus pada keyboard laptop yang kamu gunakan. Satu perhatian yang bisa kamu berikan adalah dengan membersihkannya secara rutin.

Praktis banget, berikut cara mudah bersihkan keyboard laptop dari debu dan kotoran. Ikuti tiap step-nya ya.

Laptop Asus ExpertBook B9. (Asus)

Hal pertama yang perlu dilakukan saat bersihkan keyboard laptop adalah pastikan perangkat tersebut dalam kondisi mati. Hal ini tentu saja untuk menghindari korslet saat dibersihkan.

Selanjutnya, karena selama laptop diletakkan dalam posisi menghadap ke atas, sekali-kali, balik laptop dalam posisi menghadap ke bawah atau terbalik. Step ini berfungsi untuk mengeluarkan debu dan kotoran dengan sendirinya dari keyboard laptop.

Jika kamu sering melukis atau dandan, manfaatkan brush bekas kamu untuk membersihkan sela-sela keyboard laptop dari debu dan kotoran ini. Mirip aktivitas menyapu pada umumnya, kamu bisa melakukan hal yang sama pada keyboard laptop kamu.

Ilustrasi laptop. (Pixabay/Rawpixel)

Cara praktis lainnya untuk bersihkan keyboard laptop adalah dengan menggunakan hair dryer. Sebelum digunakan, pastikan hair dryer yang kamu gunakan sudah diatur dalam posisi angin yang dingin ya.

Itu tadi cara praktis bersihkan keyboard laptop yang bisa kamu lakukan sendiri. Daripada menunggu hingga keyboard laptop tidak bisa dipakai karena debu, lebih baik rajin-rajin bersihkan bagian laptop ini ya.

BACA SELANJUTNYA

CES 2024: OMEN dan HyperX Memperkuat Portofolio Gaming yang Lebih Personal