Selasa, 11 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini : Senin, 22 Juni 2020 | 10:45 WIB

Hitekno.com - Terus mengeluarkan seri terbaru yang lebih modern dan canggih, membuat banyak orang kini cepat teralih dan meninggalkan HP jadul miliknya. Namun meski tak memiliki kecanggihan seperti HP keluaran terbaru, kamu bisa memanfaatkannya menjadi beberapa kegunaan lho. 

Jangan cuma ditinggal di laci kamar, HP jadul kamu bisa kamu manfaatin kok. 

Dilansir dari India Times, berikut lima cara mudah untuk membuat HP lama berguna lagi:

Ilustrasi smartphone. Gunakan yang lama untuk mendukung kebutuhan terkini dan membuat perangkat baru irit baterai [Shutterstock]

  • Dapat memanfaatkan smartphone lama sebagai kamera keamanan (security camera) untuk pengawasan. Yang perlu dilakukan adalah menginstal aplikasi IP Camera dari Google Play Store, lalu letakkan ponsel di mana pun diinginkan untuk mengawasi situasi sekitar, dan pastikan ponsel terhubung ke internet setiap saat.
  • Pengguna cukup masuk ke alamat IP yang diberikan aplikasi pada browser apa saja, dan melihat situasi secara langsung. Ini bisa menjadi langkah keamanan saat tidak ada di rumah.

2. Navigasi GPS di mobil

  • Jika sering berkendara melewati banyak daerah, smartphone bekas sangat berguna. Cukup mengunduh Google Maps versi offline dan pastikan memiliki post USB di mobil untuk mengisi daya perangkat serta dudukan ponsel. Ponsel lama kini disulap menjadi perangkat khusus untuk menavigasi tanpa harus menggunakan ponsel baru yang dimiliki sekarang.

3. Gunakan ponsel sebagai hotspot portabel

  • Smartphone lama bisa dijadikan hotspot portabel dengan mengaktifkan kartu SIM di dalamnya. Pengguna bisa tetap terhubung seperti router ketika berada di dalam ruangan dan menggunakannya saat sedang bepergian.

4. Gunakan ponsel sebagai pengontrol nirkabel atau controller untuk PC

  • Jika telah menghubungkan PC ke proyektor dan terlalu malas menggunakan keyboard dan mouse, silakan menginstal aplikasi pihak ketiga yang disebut Unified Remote pada smartphone lama.
  • Aplikasi ini akan memasangkan smartphone dengan laptop menggunakan Wi-Fi dan Bluetooth. Dengan cara ini smartphone berfungsi sebagai kendali jarak jauh untuk melakukan hal-hal seperti menyesuaikan volume atau bahkan menggunakan layar sentuh sebagai trackpad.

5. Gunakan ponsel menjadi media player

  • Tak kalah asyik, ponsel lama bisa dijadikan media player khusus sehingga tidak memenuhi perangkat baru. Selain itu bisa ikut menghemat pemakaian baterai pada perangkat baru yang dipakai. Kamu bisa mengisi HP jadul dengan lagu di Google Play Music, hingga layanan streaming lainnya. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)