Minggu, 05 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 26 Juni 2020 | 13:45 WIB

Hitekno.com - Produsen kamera Olympus, mengumumkan akan berhenti memproduksi kamera setelah 84 tahun. Perusahaan mengumumkan bisnis kameranya kini dijual ke Japan Industrial Partners (JIP) pada Rabu (24/6/2020). 

JIP sendiri sebelumnya telah mengambil alih bisnis telekomunikasi Olympus pada 2012 dan membeli bisnis laptop Vaio milik Sony pada 2014. Adapun proses pengambilalihan bisnis kamera Olympus ditargetkan rampng pada akhir 2020 ini.

Olympus sendiri, setelah melepas bisnis kameranya, akan fokus mengembangkan sektor bisnis lainnya. Ya, selain memproduksi kamera, Olympus juga sebenarnya memiliki usaha lain, termasuk bisnis kesehatan.

Dalam pernyataan resminya, Olympus mengatakan bahwa keputusan untuk keluar dari industri kamera karena penjualan yang terus turun. Olympus harus bersaing dengan kamera ponsel yang makin pesat serta ketatnya persaingan.

Kamer mirrorless Olympus. (Olympus)

"Seperti yang kita semua ketahui, industri kamera semakin turun selama beberapa tahun terakhir. Pasar semakin tertekan karena pertumbuhan ponsel serta persaingan yang kian ketat di segmen pasar kamera mirrorless," terang Akihiko Murata, Presiden Olympus America.

Dalam industri kamera, Olympus cukup memiliki nama dan salah satu perusahaan yang memproduksi kamera DSLR terbaik,  Indonesia sendiri Olympus dikenal dengan kamera-kamera pocket miliknya. (Suara.com/Liverty Jemadu)