Rabu, 08 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 30 Juni 2020 | 11:30 WIB

Hitekno.com - Apple diduga tengah menyiapkan iPhone baru yang bakal hadir dengan banyak kejutan. Rumor baru menyebutkan kalau iPhone 12 bakal hadir tanpa lubang atau port charger.

Konsep HP tanpa port charger maupun jack audio memang bukan pertama kali ini dibuat. Namun bakal jadi hal baru bagi Apple.

Analis dari TF Securities, Ming-Chi Kuo mengklaim bahwa keputusan Apple tidak menyertakan headphone berkabel bertujuan agar Apple dapat lebih mendorong penjualan headphone nirkabel mereka, AirPods.

Sedangkan untuk menghemat biaya produksi, Ming-Chi Kuo juga berpendapat bahwa perusahaan besutan Tim Cook itu bisa saja tidak menyertakan port untuk pengisian baterai dari kabel Lightning.

Terkait pemangkasan komponen itu, diduga berasal dari membengkaknya biaya produksi iPhone 12 yang akan hadir dengan dukungan jaringan 5G. Sementara harga jualnya akan ditekan agar tidak berbeda jauh dengan iPhone 11.

Bocoran iPhone 12. [Phonearena]

Sebagai gantinya, Apple berencana menjual adaptor daya 20 Watt secara terpisah dari boks penjualan ponsel untuk meraup keuntungan tambahan.

Dalam kesempatan berbeda, blogger Apple dan iOS Benjamin Mayo berpendapat bahwa adaptor baterai iPhone 12 kemungkinan akan dibanderol dengan harga mahal.

"Jika Apple benar-benar menjual aksesorisnya dengan biaya yang mendekati 10 dolar Aerika Serikat (AS), saya rasa itu akan sama saja. Itu (iPhone 12) tetap mahal," ujarnya seperti dilansir dari The Independent, Selasa (30/6/2020).

Prediksi lainnya, Ming-Chi Kuo mengklaim bahwa bodi iPhone baru ini akan memiliki ukuran lebih panjang dari sebelumnya. Meski begitu, bodinya tetap lebih tipis ketimbang pendahulunya ini.

Benarkah nanti Apple sukses menghadirkan iPhone baru ini tanpa port charger? Kita tunggu saja sampai peluncuran iPhone 12 mendatang. (Suara.com/ Tivan Rahmat).