Jum'at, 03 Mei 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 14 Juli 2020 | 14:00 WIB

Hitekno.com - Berbeda dari memori eksternal, memori internal di HP cenderung memiliki kapasitas yang kecil. Padahal rata-rata data di HP tersimpan di memori internal. Biar bisa muat banyak data, coba cara berikut ini untuk atasi memori internal di Android yang sering penuh.

Memori internal di HP biasanya digunakan sebagai lokasi penyimpanan data seperti aplikasi, game, foto, video, lagu hingga cache atau sampah yang kadang cukup memakan porsi memori internal yang cukup banyak.

Saat memori internal di HP penuh, hal ini jelas saja memberikan pengaruh besar pada kinerja dan kemampuan perangkat yang kamu gunakan. Alih-alih berfungsi super kencang dan cepat, aplikasi HP akan terasa berat saat dijalankan.

Tidak bisa dianggap sepele, kamu bisa menggunakan beberapa cara ini untuk atasi memori internal di Android yang sering penuh. Selamat mencoba ya.

1. Menghapus cache

Ilustrasi HP. (unsplash/Rami Al-zayat)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus cache atau sampah. Cache pada dasarnya berfungsi mengambil data agar aplikasi dapat bekerja dengan cepat. Namun, lama kelamaan cache juga dapat penuh.

Untuk menghapus cache, kamu bisa mengakses Settings lalu ke App Manager lalu pilih pilihan Clear Cache. Nantinya, akan cukup banyak kapasitas memori internal kamu yang kembali pulih.

2. Pakai aplikasi cleaner

Untuk memudahkan dalam menghapus cache, kamu juga bisa menggunakan aplikasi cleaner untuk menyelesaikan tugas ini. Tidak perlu download, vendor HP saat ini telah menyertakan aplikasi cleaner sebagai aplikasi bawaan di perangkat yang kamu gunakan kok.

3. Factory Reset

Ilustrasi HP. (Pixabay/Pexels)

Cukup ekstrem, cara terakhir ini memaksakan kamu untuk melakukan Factory Reset untuk mengembalikan HP menjadi seperti semula layaknya baru saja dibeli. Perlu diperhatikan, kamu tentu saja akan kehilangan semua data di HP jika melakukan cara satu ini. Jadi, pikirkan matang-matang ya.

Itu tadi 3 cara untuk atasi memori internal di Android yang sering penuh. Jika dirasa tidak cukup memperluas kapasitas memori internal, kamu bisa menabung dan membeli perangkat anyar ya.

BACA SELANJUTNYA

Performa hingga Fitur, Apa Saja Kelebihan POCO M6 Pro