Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 23 Juli 2020 | 09:01 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Asus akhirnya resmi mengenalkan HP gaming yang telah dinanti-nantikan. Berapa harga Asus ROG Phone 3 ini, dan seperti apa sepesifikasinya?

Pada Rabu malam (22/7/2020), Asus ROG Phone 3 resmi dikenalkan secara online. Banyak yang diungkap dalam gelaran tersebut mengenai HP gamin ini.

Co-CEO Asus S.Y. Hsu mengatakan, ROG Phone 3 merupakan buah dari evolusi yang memadukan kemampuan gaming, audio, dan fungsi telepon yang lebih baik.

"Tidak bisa dipungkiri lagi, Asus ROG Phone 3 merupakan evolusi selanjutnya dari ponsel gaming. Dengan kekuatan yang absolut, audio yang ditingkatkan, kontrol telepon yang lebih baik, dan sistem yang lebih terhubung dengan komunitas gamer kami, ROG Phone 3 menghadirkan pengalaman gaming yang tak terlupakan," ujarnya.

Desain

Peluncuran Asus ROG Phone 3, Rabu malam (22/7/2020). [Asus]

Dari tampilan fisik, Asus ROG Phone 3 dilengkapi layar AMOLED 6,6 inci yang sudah mendukung refresh rate 144 Hz dan HDR 10-bit.

Dengan fitur tersebut, perusahaan asal Taiwan mengklaim HP gaming besutannya ini anti lag dan responsif.

Sedangkan sertifikasi Low Blue Light (Hardware Solution) dan Flicker Reduced dari TÃœV Rheinland yang dikantongi ponsel ini menjadi bukti bahwa Asus tidak melupakan kenyamanan mata pengguna ketika bermain game dalam waktu lama.

Chipset

Soal dapur pacu, HP Asus ROG Phone 3 mendapatkan kehormatan karena berstatus sebagai ponsel pertama yang diotaki chipset terkuat Qualcomm, Snapdragon 865+.

Chipset gahar ini membawa CPU dengan kecepatan maksimal 3,09 GHz. Sementara kartu grafisnya mengandalkan GPU Adreno 650.

Fitur Gaming

Peluncuran Asus ROG Phone 3, Rabu malam (22/7/2020). [Asus]

Untuk menjaga temperatur ponsel ketika dipacu untuk bermain game, Asus ROG Phone 3 dipersenjatai sistem pendingin berlapis.

Pertama, bagian belakang ponsel memiliki lubang angin yang didalamnya terdapat tembaga pendingin yang ukurannya 6 kali lebih besar dari ROG Phone 2.

Kedua, Asus juga menambahkan AeroActive Cooler 3 ke dalam paket penjualan HP gaming ini.

Seperti pendahulunya, HP Asus ROG Phone 3 juga memiliki fitur yang dipertahankan, yaitu X Mode, yang didesain untuk mendongkrak performa ponsel, khusus untuk gaming.

Ketika berada pada mode ini, refresh rate layar, sensitivitas layar sentuh, koneksi jaringan, kinerja CPU dan GPU meningkat secara drastis. Sebagai pelengkap, Asus membenamkan dua speaker yang diatur oleh Dirac.

Baterai

Soal daya tahan, Asus membekali jagoan barunya dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh yang sudah didukung fitur fast charging 30 Watt yang disalurkan melalui kabel Type-C.

Kamera

Peluncuran Asus ROG Phone 3, Rabu malam (22/7/2020). [Asus]

Meski ROG Phone 3 berstatus sebagai HP gaming, Asus tidak melupakan fitur hiburan lainnya, termasuk kamera.

Di bagian belakang, terpasang kamera utama dengan sensor Sony IMX686 beresolusi 64 MP yang dipadukan dengan kamera ultrawide 13 MP dan makro 5 MP.

Sedangkan untuk selfie, Asus menyematkan kamera 24 MP di bagian depan.

Harga

Peluncuran Asus ROG Phone 3, Rabu malam (22/7/2020). [Asus]

Soal banderol, harga Asus ROG Phone 3 RAM 16 GB + memori internal 512 GB yang merupakan varian tertinggi dijual 1.099 euro atau sekitar Rp 18,6 juta.

Sedangkan versi yang lebih rendah dengan konfigurasi RAM12 GB dan memori internal 512 GB dibanderol seharga 999 euro atau setara Rp 16,9 juta.

Pada kesempatan yang sama, Asus turut menghadirkan ROG Phone 3 Strix Edition yang diotaki Qualcomm Snapdragon 865, RAM 8 GB, dan memori internal 256 GB seharga 799 euro atau Rp 13,5 juta.

Itulah spesifikasi dan harga Asus ROG Phone 3, HP gaming baru yang resmi dikenalkan. Akankah HP Asus ini meluncur di Indonesia? (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Uji Ketangguhan Asus ROG Phone 7 Ultimate, Layar HP Gaming Ini Sampai Dibakar