Sabtu, 15 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 30 Juli 2020 | 19:29 WIB

Hitekno.com - Netflix mencatatkan tonggak sejarah baru sebagai layanan dan video on demand. Yakni telah lebih dari 1 miliar pengguna Android di seluruh dunia telah download Netflix

Menurut laporan Android Police, Kamis (30/7/2020), jumlah ini termasuk dengan para pengguna yang download Netflix ketika pra-instalasi.

Dengan jumlah itu, Netflix sukses melewati para kompetitor lainnya yang menyediakan layanan streaming video, seperti Amazon dengan kondisi "hanya" didownload 100-500 juta pengguna.

Aplikasi yang sempat menuai kontroversi di Tanah Air ini juga berhasil melampaui Hulu (50-100 juta pengguna) dan HBO GO dengan torehan lebih dari 5 juta pengguna di Google Play Store.

Terkait alasan lonjakan pengguna Netflix yang begitu drastis, tidak terlepas dari kebijakan perusahaan dengan kebijakan membatasi bandwith jaringan dan berimbas pada penurunan kualitas gambar.

Ilustrasi aplikasi Netflix. [Shutterstock]

Meski kualitas gambar turun menjadi SD alias standar televisi, namun Netflix bisa diakses oleh lebih banyak pengguna di tengah pandemi COVID-19.

Hasilnya, Netflix pun menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diakses para pengguna Android untuk mengisi waktu saat kebijakan physical distancing diterapkan di berbagai belahan dunia.

Sementara itu, layanan video streaming yang baru meluncur pada November tahun lalu, Disney+, juga mencatat peningkatan yang impresif.

Hanya dalam waktu 7 bulan, Disney+ telah didownload oleh lebih dari 10 juta pengguna Android yang mengunduhnya di Google Play Store.

Untuk Disney+, tayangan original racikan rumah produksi ini berhasil menyita perhatian para pengguna Android, termasuk serial Marvel yang mendapatkan impresi tinggi.

Itulah pencapaian baru download Netflix oleh pengguna Android yang telah tembus lebih dari 1 miliar kali. (Suara.com/ Tivan Rahmat).