Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 03 Agustus 2020 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apple App Store China telah menghapus 30.000 aplikasi di negara tersebut. Mayoritas yang diberangus dari toko aplikasi tersebut adalah game.

Qimai Research Institute pada Sabtu, (1/8/2020) melaporkan 90 persen dari 30.000 aplikasi yang dihapus dari Apple App Store tersebut merupakan game.

Puncak penghapusan terjadi pada pukul 4:15 pagi waktu setempat, ketika lebih dari 2.000 aplikasi dihapus, kata perusahaan riset Cina itu.

Sebagian besar pemindahan dilakukan antara pukul 3 dan 5 pagi, tambah Qimai Research Institute dalam laporannya.

Sekitar 179.000 aplikasi game masih ada di toko China pada Sabtu malam, di mana sekitar 160.000 ditawarkan secara gratis, katanya.

Beragam aplikasi di iPhone. [Shutterstock]

"Apple mengirim pengingat kepada pengembang game pada 8 Juli lalu, tentang rencananya untuk penghapusan jika mereka tidak memenuhi persyaratan peraturan untuk pembayaran pada akhir bulan," kata Qimai, mengutip email dari pembuat iPhone, dilansir laman Bloomberg, Senin (3/8/2020).

Pemerintah China sendiri sangat ketat dalam mengatur peredaran aplikasi di negara mereka. Berkali-kali terjadi kebijakan penghapusan untuk yang tidak sesuai peraturan dalam negeri.

Apple pun serta merta mematuhi peraturan pemerintah negera tersebut untuk memberantas aplikasi yang tidak memenuhi syarat.

Setelah penghapusan 30.000 aplikasi ini, tidak menutup kemungkinan ada tindakan serupa Apple App Store di masa depan. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri, Beda dengan Lainnya