Minggu, 20 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 15 September 2020 | 10:15 WIB

Hitekno.com - Modus-modus baru terus bertambah dilakukan para pelaku kejahatan syber, kali ini modus baru berupa telepon di WhatsApp bermunculan untuk menjerat korbannya.

Pengguna WhatsApp perlu berhati-hati jika menerima telepon dari nomor tak dikenal yang mengaku sebagai perwakilan layanan WhatsApp.

Cara baru untuk mengelabuhi korban ini tengah marak di India, mereka menggunakan rekaman suara yang memberitahu korban jika memenangkan tiket lotere atas nama WhatsApp.

Modus ini membuat korban harus mengklaim hadiah, korban menghubungi cabang State Bank of India di Mumbai.

Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Allie)

Seakan sudah diatur sedemikian rupa, pelaku kejahatan cyber tersebut akan memanggil seseorang yang mengaku manager cabang.

Dilansir dari laman Times of India, telepon penipuan tersebut juga dilengkapi dengan gambar terkait lotere tersebut.

Usai korban berhasil dibujuk, dia akan diminta menyetor biaya pendaftaran dan pajak untuk lotere tersebut dan tentunya uang tersbut tak aakn kembali.

Tak hanya itu, modus lainnya membuat korban untuk mengunduh sebuah aplikasi.

Aplikasi ini nantinya akan memudahkan penjahat syber tersebut akan mengedalikann dekstop HP milik korban dari jarak jauh.

Melalui aplikasi ini ini para penjahat syer akan mencrui detail cookies, PIN serta password serta informasi dari HP korban.

Entah sudah terjadi atau belum di Indonesia, namun pengguna WhatsApp harus waspada terhadap modus baru kejahatan syber tersebut.