Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 04 Oktober 2020 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Nvidia telah resmi tiga seri chip kartu grafis mereka, yakni GeForec RTX 3070, RTX 3080, dan RTX 3090. Ketiganya langsung membuat hype.

Untuk RTX 3080 dan RTX 3090 langsung ludes saat diluncurkan. Bukan cuma karena banyak diburu, namun memang keterbatasan stok dari pabrikan.

Beberapa pabrikan seperti Asus, Gigabyte, Zotac, dan merek-merek lain telah meluncurkan kartu grafis mereka di hari peluncuran.

Namun langsung ludes, bukan cuma diburu para gamer dan enthusias. Beberapa spekulan memburunya untuk dijual kembali dengan harga tinggi karena langkanya.

Agar masalah serupa tidak terulang, Nvidia akhirnya memutuskan untuk menunda peluncuran GeForce RTX 3070 beberapa hari dari jadwal.

Awalnya perusahaan ini menjadwalkan peluncuran kartu grafis tersebut pada 15 Oktober, diundur sampai 29 Oktober 2020.

Keputusan ini diumumkan langsung Nvidia melalui situs resminya pada awal bulan ini. Lengkap dengan alasan kenapa mereka harus menunda peluncuran ini.

Nvidia GeForce RTX 3070. (Nvidia)

Nvidia menyampaikan kalau mereka menunda peluncuran GeForce RTX 3070 ini untuk memberikan lebih banyak waktu kepada partner untuk memproduksinya.

Sehingga diharapkan pada tanggal yang dijadwalkan partner bisa menyediakan stok kartu grafis ini untuk memenuhi permintaan pasar.

Seri ini juga diprediksi akan diburu selain seri RTX 3080. Mengingat performa yang tinggi dan harga yang sangat terjangkau.

Nvidia mengklaim kalau performa GeForce RTX 3070 ini akan berada di kelas RTX 2080 Ti yang berharga Rp 18 juta hingga Rp 23 juta di pasaran.

Menariknya, kartu grafis baru ini dipatok dengan harga patokan retail 499 dolar AS atau setara dengan Rp 7,4 juta saja.

Nvidia GeForce RTX 3070. (Nvidia)

Dengan harga tidak sampai separuh, kartu grafis ini menawarkan performa yang setingkat. Tidak ketinggalan dukungan Ray Tracing.

Kita nantikan saja, apakah Nvidia bisa memenuhi permintaan pasar GeForce RTX 3070 pada peluncurannya nanti? Apakah ricuh seperti dua seri di atasnya?

BACA SELANJUTNYA

Tips Merawat Laptop Berumur Lebih dari Dua Tahun Biar Nggak Overheat