Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 20 Oktober 2020 | 15:09 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dalam menghadirkan sensasi sinema di rumah, ukuran dan resolusi TV memanglah penting memberikan pengalaman visual. Namun sensasi makin terasa jika ikut juga dihadirkan audio berkualitas dalam menunjang home entertainment yang imersif.

Salah satu cara menghadirkan audio berkualitas mumpuni adalah dengan perangkat soundbar. Termasuk Samsung Soundbar HW-Q950T yang menawarkan teknologi audio terkini.

"Untuk pengalaman home entertainment yang kian sempurna dan menyeluruh, suara terbaik untuk mengimbangi tontonan favorit di TV, Samsung menghadirkan Samsung Soundbar HW-Q950T. Memiliki True Dolby Atmos 9.1.4 dengan speaker yang menembakkan suara ke berbagai sudut, menjadikan audio bagaikan mengalir mengelilingi pengguna, ditambah dukungan teknologi audio multi-dimensi Dolby Atmos dan DTS:X. Kemampuan teknologi Q-Symphony dalam mengaktifkan dan memutar surround sound dari TV Speaker dan Soundbar Speaker bersamaan, menciptakan sinergi audio yang luar biasa dengan TV yang kompatibel. Kombinasi visual TV dan audio Soundbar HW-Q950T ini akan membuat setiap adegan terasa nyata, hadirkan pengalaman menikmati konten yang seru, menghibur seluruh anggota keluarga," jelas Liem Kwok Cek, AV Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Berikut beberapa fitur unggulan Samsung Soundbar HW-Q950T beserta teknologi di baliknya, yang membuatnya mampu menghadirkan surround sound yang dinamis dan pengalaman home entertainment yang imersif.

Harmoni Sempurna – Fondasi Q-Symphony

Samsung Soundbar HW-Q950T. (Samsung)

Samsung Soundbar HW-Q950T kini memiliki fitur 'Q-Symphony' yang memungkinkan pemutaran soundbar dan televisi yang dipasangkan dengannya secara bersamaan.

Dengan kemampuannya untuk menghasilkan surround sound yang kaya dan imersif dari speaker TV dan soundbar, Q-Symphony meraih penghargaan 'Best of Innovation' di CES 2020.

Mengapa Samsung menghadirkan Q-Symphony? Hingga baru-baru ini, menggunakan speaker TV konvensional dan soundbar secara bersamaan dapat menyebabkan pemutaran audio tidak sinkron dengan adegan yang berjalan di layar, yang berarti speaker TV harus dimatikan suaranya saat menggunakan soundbar.

Namun, Samsung QLED TV 2020 dilengkapi dengan speaker atas, memungkinkan penggunaan speaker TV dan soundbar secara bersamaan.

Ide Q-Symphony berawal dari ide untuk menghadirkan surround sound yang lebih berkualitas dengan memanfaatkan speaker atas TV yang dikombinasikan dengan soundbar.

Untuk mewujudkan solusi hybrid ini, suara dari speaker TV dan soundbar harus disinkronkan dalam hal waktu dan volume.

Selain itu, dalam teknologi terbaru, peran masing-masing speaker TV dan soundbar telah dibedakan dengan jelas untuk memungkinkan harmonisasi suara yang lebih baik.

Sementara soundbar menyajikan suara utama seperti suara manusia, speaker atas menghadirkan efek suara latar.

Dengan cara ini, kedua perangkat menghindari interferensi satu sama lain, dan memberikan pengalaman suara yang lebih kaya.

Soundbar Unggul - Sembilan Channel dengan Hanya Empat Speaker

Samsung Soundbar HW-Q950T. (Samsung)

Spesifikasi audio tertinggi saat ini untuk sistem home theater adalah pengaturan 9.1.4 channel, yang biasanya membutuhkan total sebanyak 14 speaker.

Namun, Samsung Soundbar HW-Q950T mampu mewujudkan spesifikasi channel yang luar biasa ini hanya dengan empat speaker.

Menyusul berkembangnya pasar home theater pada tahun 1990-an, pengguna diberi kesempatan untuk merasakan surround sound yang tidak hanya mencakup sisi kiri dan kanan, tetapi juga bagian depan dan belakang.

Lebih jauh lagi, pengenalan teknologi Dolby ATMOS tahun 2014 memungkinkan surround sound 3D yang mencakup suara dari atas dan bawah juga.

Pengembangan surround sound premium dari Samsung tidak terjadi dalam semalam. Pada tahun 2016, Samsung merilis HW-K950, soundbar yang hanya membutuhkan empat speaker untuk menghasilkan surround sound pada 5.1.4 channel.

Samsung tidak berhenti di situ, malah memperkenalkan HW-Q90R, soundbar 7.1.4 channel yang memiliki surround channel di belakang.

Tahun ini, Samsung melangkah lebih maju dengan memperkenalkan HW-Q950T, sebuah soundbar 9.1.4 channel yang dilengkapi dengan dua wide channel tambahan.

Suara Dinamis dari Berbagai Sudut

Samsung Soundbar HW-Q950T. (Samsung)

Soundbar HW-Q950T memiliki dua wide channel yang menghantarkan suara pada sudut 60° ke kedua sisi bagian tengah.

Untuk menghasilkan suara yang lebih lengkap, speaker di ujung kanan dan kiri, yang menyediakan surround sound, telah dipindahkan ke tepi soundbar.

Selain itu, dua speaker tambahan yang diorientasikan pada sudut yang dioptimalkan untuk fungsionalitas wide channel telah digabungkan di posisi paling kiri dan kanan.

Dengan fungsionalitas wide channel, pengguna bisa menikmati suara yang dipancarkan dari berbagai sudut yang berbeda dan merasakan pengalaman audio yang lebih lengkap.

Efek ini juga memberikan rasa realisme yang lebih luas, dan, dengan menambahkan vitalitas pada gerakan di layar, menjamin pengalaman yang lebih baik saat menonton konten seperti konser, pertunjukan musik, dan film.

Samsung Soundbar HW-Q950T telah tersedia di Indonesia pada harga Rp. 24.999.000,-. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan kunjungi https://www.samsung.com/id/audio-video/soundbar-hw-q950t/.

BACA SELANJUTNYA

Software Update Samsung Galaxy Tab S9 Series, Hadirkan Galaxy AI