Jum'at, 04 Desember 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 20 November 2020 | 16:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Realme Indonesia kembali meramaikan pasar dengan menghadirkan Narzo 20, HP baru untuk kelas Rp 2 jutaan. Bagaimana review Realme Narzo 20 ini?

HP baru ini meluncur bersamaan dengan Realme Narzo 20 Pro yang berada di harga Rp 3 jutaan. Keduanya langsung mencuri perhatian saat diumumkan.

Menariknya, Realme Narzo 20 memberikan hal yang berbeda untuk kelas Rp 2 jutaan. Terlebih untuk yang mencari perangkat gaming yang terjangkau.

Dari spesifikasi, kita bisa melihat HP baru ini disematkan chipset MediaTek Helio G85. Sebagai seri G, tentunya mendapatkan dorongan performa dalam urusan grafis.

Dari sisi CPU, akan sama seperti MediaTek Helio G80 berisi octa-core 2x Cotex-A75 + 6x Cortex-A55. Sisi GPU meski sama-sama Mali-G52 MP2, milik Helio G85 berjalan di 1.000 MHz dibanding G80 yang 950 MHz.

Daya tarik kedua dari Realme Narzo 20 lainnya adalah pada baterai, yang berkapasitas 6.000 mAh. Sangat besar jika dibandingkan pesaingnya di kelas Rp 2 jutaan.

Lalu bagaimana kelebihan dan kekurangan HP baru ini? Tim HiTekno.com berkesempatan membuat review Realme Narzo 20 versi RAM 4 GB + 64 GB.

Realme Narzo 20.(HiTekno.com)

 

Dalam paket penjualannya, kita mendapati isi kotan Realme Narzo 20 cukup sederhana. Hanya perangkat HP baru ini, buku panduan, buku garansi, sim ejector, kabel USB type-C, kepala charger 18 watt.

Kita tida menemukan silicon case yang biasa dalam penjualan HP baru saat ini. Namun bukan masalah besar, mengingat perbandingan harga dan spesifikasi yang diberikan.

Kesan pertama memegang Realme Narzo 20 ini terasa cukup tebal dan berat. Tidak lain karena baterai berkapasitas 6.000 mAh yang disematkan di dalamnya.

Realme Narzo 20.(HiTekno.com)

 

Pada body belakang yang berbahan plastik ini, memiliki tekstur berbentuk huruf V. Yang menurut Realme, terinspirasi dari Victory atau kemenangan.

Tekstur pada body belakang ini juga membuatnya tidak terlalu licin. Dan sisinya yang melengkung bagian ini membuat nyaman saat menggenggamnya.

Di sisi depan kita bisa melihat layar IPS 6,5 inci yang bisa menyala dengan terang. Hal ini karena display Realme Narzo 20 memiliki tingkat kecerahan maksimal 560 nits.

Sayangnya memang layar ini hanya beresolusi 720x1600 piksel alias HD+ saja. Menariknya sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass, namun tiadk disebutkan jenisnya.

Performa

Realme Narzo 20.(HiTekno.com)

 

Di kelas Rp 2 jutaan, performa Realme Narzo 20 tidak perlu diragunkan lagi. Chipset MediaTek Helio G85 memiliki tenaga mendukung aktivitas keseharian hingga main game.

Terlihat dari pengujian AnTuTu benchmark yang mendapatkan nilai 204.149. Dengan pembagian CPU 72338, dan GPU 45326. Nampak unggul tipis dari produk kompetitor yang memakai chipset serupa.

Hasil AnTuTu Benchmark Realme 7 vs Realme Narzo 20. (HiTekno.com)

 

Sedangkan untuk pengujian Geekbench 5.2.5 yang fokus pada CPU, mendapatkan nilai single-core 344 dan multi-core 1281. Angka yang cukup bersaing di kelas ini.

Hasil Geekbench Realme 7 vs Realme Narzo 20. (HiTekno.com)

 

Lalu pengujian 3DMark Sling Shot Extreme OpenGL, mendapatkan nilai total 1396. Pengujian ini berfokus pada performa grafis yang menggambarkan saat digunakan dalam bermain game.

Hasil 3DMark OpenGL Realme 7 vs Realme Narzo 20. (HiTekno.com)

 

Namun bagaimana dalam pengalaman saat main game di Realme Narzo 20 ini? Game-game populer seperti Mobile Legends, Free Fire, bahkan yang baru League of Legends: Wild Rift jalan mulus.

Bagaimana dengan game-game yang cukup berat? Call of Duty jalan tidak masalah dan nyaman di HP baru ini. PUBG Mobile pun lancar di Smooth - Ultra.

Sedangkan untuk Genshin Impact, Realme Narzo 20 bisa jalan di medium. Namun akan lebih nyaman jika memakai settingan rata kiri untuk memainkan game super berat ini.

Realme Narzo 20 memainkan Genshin Impact. (HiTekno.com)

 

Kenapa bisa sehandal itu dalam bermain game untuk kelas Rp 2 jutaan? Tidak lain karena resolusi layar yang hanya HD+ tentunya lebih ringan untuk GPU dibanding pesaingnya yang memakai fullHD+.

Baterai dan Charger

Baterai 6.000 mAh ini jadi andalan utama Realme Narzo 20. Dengan kapasitas sebesar itu, pemakaian standar bisa lebih dari sampai dua hari tanpa masalah.

Bagi pengguna sosial media dan aplikasi chatting yang cukup intens, baterai HP baru ini tidak perlu dikhawatirkan. Bahkan bisa bertahan untuk seharian lebih.

Sudah baterainya berkapasitas besar, masih juga diberikan fitur penghemat daya. Bahkan tidak hanya satu, ada Mode Hemat Daya dan Mode Super Hemat Daya.

Dalam paket penjualannya, Realme Indonesia juga telah menyertakan kepala charger 18 watt yang mendukung Quick Charge dan kabel USB type-C.

Sayangnya fast charger 18 watt memang masih terlalu lambat untuk mengisi baterai 6.000 mAh. Dalam pengujian HiTekno.com di review Realme Narzo 20 ini butuh waktu lama untuk terisi penuh.

Kamera

Realme Narzo 20.(HiTekno.com)

 

Pada bagian belakang kita bisa melihat modul kamera berbentuk persegi, mirip dengan beberapa HP Realme lainnya. Letaknya pun di sudut kiri atas.

Dalam modul ini terdapat tiga kamera, yakni 48 MP f/1.8 + 8 MP f/2.3 + 2 MP makro. Soal hasil, bisa bersaing dengan kompetitornya di kelas Rp 2 jutaan.

Kamera Realme Narzo 20 ini juga didukung fitur Chroma Boost, HDR, AI Beauty, Super Nightscape, Mode Pro, Slo-Mo, Ultra Macro, dan fitur yang umum ditemukan pada HP Realme.

Soal foto 48 MP, mampu memberikan detail yang lebih baik. Begitu juga pada mode ultrawide, meski cuma 8 MP hasilnya cukup layak untuk postingan sosial media.

Untuk kamera macro, jangan harap terlalu banyak dari sensor ini. Anggap saja bonus yang membantu kamu memotret dalam jarak dekat, bahkan sampai 4 cm.

Sedangkan untuk kamera selfie, hanya mengandalkan 8 MP f/2.0. Memang tidak menghasilkan foto yang fantastis, namun cukup untuk melakukan video call.

Soal video, kamera belakang Realme Narzo 20 ini bisa merekam dalam resolusi 1080p baik 30 fps maupun 60 fps. Namun sayang tidak dilengkapi fitur image stabilizer.

Pada kamera depan, mampu merekam video beresolusi 1080p 30 fps. Namun jangan berharap banyak pada sensor 8 MP ini, karena hasilnya biasa saja.

Berikut sejumlah contoh hasil foto Realme Narzo 20:

Contoh foto Realme Narzo 20 - luar ruangan dengan Chroma Boost. (HiTekno.com)

 

Contoh foto Realme Narzo 20 - dalam ruangan sedikit cahaya. (HiTekno.com)

 

Contoh foto Realme Narzo 20 - luar ruangan. (HiTekno.com)

 

Contoh foto Realme Narzo 20 - dalam ruangan kurang cahaya. (HiTekno.com)

 

Contoh foto Realme Narzo 20 - ultra wide dalam ruangan kurang cahaya. (HiTekno.com)

 

Contoh foto Realme Narzo 20 - ultrawide dalam ruangan. (HiTekno.com)

 

Contoh foto Realme Narzo 20 - kamera selfie. (HiTekno.com)

 

Antarmuka dan Sistem Operasi

Realme Narzo 20.(HiTekno.com)

 

Realme Narzo 20 ini telah menjalankan antarmuka Realme UI yang berbasiskan Android 10. Tampilannya rapi dan bersih, ditambah fitur-fitur menarik.

Mulai dari screenshot yang bisa scrolling ke bawah, sehingga kamu bisa menangkap tampilan layar dari aplikasi atau halaman web secara utuh dari atas hingga terbawah.

Fitur penghemat baterai yang tidak cukup satu, dari Mode Hemat Daya hingga Mode Super Hemat Daya. Yang juga memungkinkan pembatasan aplikasi untuk berjalan.

Tidak ketinggalan App Cloner, buat kamu yang mau WhatsApp atau aplikasi lain dalam dua akun. Split Screen yang mau menjalankan dua aplikasi bersamaan.

Fitur dan Kelengkapan

Realme Narzo 20.(HiTekno.com)

 

Soal kelengkapan dan fitur, HP Rp 2 jutaan ini cukup memenuhi standar. Dari pemakaian triple card slot, yang terdiri Dual SIM dan dedicated slot microSD.

Juga memiliki headphone jack, sensor sidik jari di body belakang, FM Radio, USB type-C, dan sensor lengkap (accelerometer, proximity, Compass, GPS).

Di harga ini, tentu saja kita tidak menemui adanya NFC pada Realme Narzo 20. Mengingat pesaingnya juga tidak memberikan fitur tersebut di harga setingkat.

Realme Indonesia menghadirkan Narzo 20 ini dalam dua pilihan warna, Silver Sword dan Blue Blade. Dan hanya satu pilihan memori, yakni RAM 4 GB + 64 GB.

Harga:

Realme Narzo 20 RAM 4 GB + 64 GB: Rp 2.199.00 (promo Rp 2.149.000)

Kelebihan

  • Baterai besar dan irit daya
  • Performa di atas rata-rata pada kelasnya
  • Layar terang

Kekurangan

  • Pengisian baterai lama
  • Resolusi layar cuma HD+

Kesimpulan

Realme Narzo 20.(HiTekno.com)

 

Hasil review Realme Narzo 20 menawarkan best value gaming di harga Rp 2 jutaan. Juga menawarkan daya tahan baterai yang awet bisa lebih dari sehari, namun pengisiannya lama.

Narzo 20 ini cocok untuk kamu yang mencari HP gaming dengan harga terjangkau namun memberikan performa tinggi. Juga cocok untuk yang mencari HP dengan baterai awet lebih dari sehari.

Itulah hasil review Realme Narzo 20, HP gaming best value di harga Rp 2 jutaan. Perfoma handal memainkan berbagai game dan pastinya baterai super awet nggak habis-habis.

BACA SELANJUTNYA

4 Berita Terkini: Realme Narzo 20, Flash Sale iPhone XR