Senin, 06 Februari 2023
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 08 Desember 2020 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tak hanya layar lipat, namun beberapa produsen HP pintar kini mengembangkan layar gulung untuk membuat perangkat lebih portabel. Sebuah HP layar gulung LG dilaporkan telah menampakkan diri di database intranet carrier Korea Selatan.

Bocoran mengenai LG Rollable alias LG Slide telah muncul sejak kuartal sebelumnya. Menurut laporan dari Lets Go Digital, paten yang disebut "Roll-slide mobile terminal" diajukan oleh LG Electronics pada Agustus 2019 di USPTO (United States Patent and Trademark Office).

Pada tanggal 24 September 2020, dokumentasi diterbitkan dan juga dimasukkan dalam database WIPO (World Intellectual Property Office) untuk perlindungan seluruh dunia atas teknologi yang dikembangkan.

Kini, leaker bernama @cozyplanes membocorkan bahwa LG Rollable telah terdaftar di database intranet carrier Korea Selatan.

Nomor model carrier atau operator adalah LM-R910N di mana nomor model yang tidak terkunci adalah OMD-LM-R910N.

Bocoran mengenai HP layar gulung LG. (Twitter/ cozyplane)

Sebagai informasi, LG telah meluncurkan smart TV dengan layar gulung pada CES 2019. Sepertinya perusahaan sedang mempersiapkan HP baru dengan teknologi yang hampir mirip.

Render yang bocor beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa ponsel OLED ini memiliki layar fleksibel yang dapat dimasukkan kembali ke dalam casingnya.

Pada pertengahan November, Oppo juga telah mengenalkan konsep HP layar gulung yang membawa identitas sebagai Oppo X 2021. Meski begitu, perusahaan belum merilis perangkat secara komersial.

Dikutip dari NDTV, masih belum diketahui apakah LG melakukan hal yang sama terkait hanya pengenalan atau langsung dipasarkan secara komersial. Namun leaker membocorkan bahwa LG Rollable diprediksi akan dipamerkan ke publik pada Juni 2021.

Render mengenai HP layar gulung LG. (Lets Go Digital)

LG Wing dengan layar putar merupakan perangkat pertama perusahaan dalam Explorer Project.

Nampaknya, LG Rollable merupakan HP futuristik layar gulung portabel sebagai hasil pengembangan setelah LG Wing.

Paten anyar yang bocor pada bulan lalu menunjukkan bahwa LG sedang mengerjakan laptop dengan layar 17 inci yang dapat digulung. Mengingat sudah muncul paten dan database-nya di lembaga resmi, HP layar gulung LG diprediksi siap meluncur pada tahun depan.

BACA SELANJUTNYA

Lebih Agresif, Poco Janjikan HP Baru dengan Harga Bersaing di Tahun Ini