Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 12 Desember 2020 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seorang turis yang sekaligus Youtuber mencertakan bagimana drone DJI Mavic 2 Pro miliknya yang tak sengaja jatuh di pulau terpencil. Ia pun berupaya untuk melakukan penyelamatan gadget miliknya ini.

Bagaimana turis ini tak merelakan drone seharga 1.500 dolar AS atau sekitar Rp 21 juta miliknya lenyap begitu saja diceritakan dalam sebuah video.

Dalam video dokumentasi yang dibuatnya, turis dengan nama akun YouTube Brooke on Foot mengunggah rekaman berdurasi 8 menit 33 detik. Menurut keterangan lokasi, drone tersebut jatuh di Koh Phi Phi Don, pulau dengan panjang 8 kilometer dan lebar 3,5 meter di Thailand.

Tak membawa peralatan yang memadai, youtuber ini nekat memanjat tebing pada pulau tersebut dan bahkan menciderai tangannya hingga berdarah dan tersengat lebah karena medan yang tak bersahabat. Tak hanya itu, ia juga mengaku tidak memiliki persediaan air minum.

Setelah memanjat lebih dari dua jam, turis tersebut belum juga menemukan drone miliknya. Dia mengalami masalah karena lokasi jatuhnya drone tidak sesuai dengan peta yang ditunjukan aplikasi DJI.

DJI Mavic 2 Pro. (DJI)

Selain itu, ia juga tidak bisa mencari drone dengan fitur suara alarm karena fitur tersebut hanya akan berfungsi jika drone dalam keadaan menyala dan memiliki simpanan daya. Drone miliknya diketahui telah tiga hari berada di pulau tersebut dan dipastikan kehabisan baterai.

"Brooke on Foot merekam video dengan drone DJI Mavic 2 Pro senilai 1.500 dolar AS jatuh di pulau kecil ini. Dia dengan bebas memanjat dinding tebing untuk mencarinya," tulis Boingboing.net, seperti dikutip pada Sabtu (12/12/2020).

Meski begitu, pada akhirnya ia berhasil menemukan drone yang hilang dalam keadaan rusak dimana salah satu baling-balingnya yang tampak patah. Bagian bawah drone juga tergores.

"Saya menabrakan drone saya di pulau kecil di lepas pantai terpencil di Thailand. Saya sendirian mendaki tebing untuk mencari drone saya. Itu adalah usaha besar dan petualangan yang tak terlupakan," tulis Brooke on Foot dalam kolom keterangan pada unggahan videonya.

Ia mengaku dalam kolom komentar, meskipun dronenya penyok, tergores, dan baling-baling rusak, tetapi barang miliknya itu masih bisa diperbaiki dan berfungsi.

Video yang telah dilihat sebanyak lebih dari 677.100 penayangan itu pun menuai beragam komentar dari warganet. Tak sedikit yang memuji aksinya memanjat tebing demi mendapatkan kembali drone.

"Wow! Sungguh cerita yang luar biasa. Ketabahan dan ketangguhanmu luar biasa. Saya senang drone itu ditemukan. Terima kasih sudah berbagi," tulis akun Gemster18.

"Saya tidak akan mau melalui semua itu untuk mendapatkannya kembali. Tapi ini video yang bagus," komentar Kevin Talbot.

"Sejujurnya saya akan merelakannya dan mendapatkannya yang baru. Itu terlalu mempertaruhkan hidup," tambah Ofentse Mwase.

Itulah kisah penyelamatan drone DJI Mavic 2 Pro milik serorang turis sekaligus Youtuber ini. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Belum 5 Jam, Live Streaming Windah Basudara Tembus Donasi Rp 1 M Lebih