Selasa, 16 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 22 Desember 2020 | 14:08 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tren editing foto dan video di media sosial terutama di Instagram seakan tidak ada hentinya. Pada tahun 2019, pengguna Instagram masih hanya menerapkan preset Lightroom ke feed mereka untuk mengedit foto.

Namun saat ini, filter yang berasal dari aplikasi Instagram sudah tersedia dan semakin mempermudah penggunanya untuk melakukan pengeditan foto atau video. Bahkan aplikasi editor foto dan video baru yang menawarkan filter-filter unik juga terus bermunculan di Play Store untuk memenuhi kebutuhan pengguna Instagram.

Pengguna Instagram rata-rata menghabiskan waktu hampir setengah jam untuk berfoto atau mengedit hasil foto setiap harinya dari smartphone. Kesemuanya demi untuk mendapatkan foto diri yang terlihat lebih menarik sehingga banyak mendatangkan Like. Nah, kita melihat kilas balik mengenai tren pengeditan foto Instagram yang digemari anak muda di sepanjang tahun 2020!

Foto ‘No Edit’

Ilustrasi Instagram. (Unsplash/purzlbaum)

Instagram dulunya menjadi tempat untuk mengunggah gambar-gambar penuh filter dengan hasil yang “sempurna”. Namun jaman tersebut sudah berakhir dan di tahun 2020 pengguna lebih menyukai foto yang terlihat seperti keadaan sebenarnya alias “no edit”. Gambar dengan sedikit tekstur lebih menarik daripada potret yang diedit. Kamu tidak perlu melakukan pengeditan ekstrem pada foto, namun hanya cukup membersihkan bagian yang kotor pada foto.

Cara cepat untuk mendapatkan hasil foto “no edit” adalah memanfaatkan fitur AI Beautification.  Fitur berbasis artificial intelligence ini bisa ditemui di perangkat smartphone terbaru, salah satunya  OPPO Reno4 F. Fitur AI Beautification 2.0 tersebut memberikan fitur kecantikan khusus secara otomatis dengan mendeteksi riasan. Plus dengan menyesuaikan kecerahan dan kontras, kamu juga bisa meningkatkan kualitas gambar secara halus dengan tetap mempertahankan tampilan aslinya.

#ThrowbackMirrorSelfie

Situasi pandemi yang belum berakhir di sepanjang 2020 memaksa kita untuk banyak menghabiskan waktu di rumah. Bagi para pengguna Instagram, terus-menerus berada di rumah terasa membosankan dan mati gaya. Mereka merasa sulit untuk mendapatkan foto diri dengan latar belakang yang menarik. Alhasil, selfie di depan cermin atau terkenal dengan mirror selfie yang simpel kembali naik daun. Kamu pun tidak perlu alat fotografi tambahan untuk melakukan sebuah mirror selfie.

Agar mirror selfie terlihat lebih unik, kamu bisa memberikan tambahan filter yang sudah disediakan di Instagram. Cara lainnya dengan menggunakan Adobe Lightroom untuk menambahkan tekstur film.

Memaksimalkan Hasil Foto Makanan

Dulu, orang menyukai tampilan foto makanan di Instagram yang terlihat rapi dan halus. Semisal roti panggang dengan selai coklat di atas piring berwarna pastel, secangkir kopi yang berseni, dan juga kue red velvet yang sempurna. Sekarang estetika foto seperti itu terasa agak basi. Sebaliknya, para pengguna Instagram mendambakan makanan yang terlihat cerah, jelas, namun tetap memiliki tekstur berantakan.

Dengan alih-alih disajikan sempurna, potret makanan yang dinamis dan close-up kini malah yang menjadi perhatian. Alasannya, makanan di dalam foto seperti itu terlihat lebih menggiurkan untuk dimakan. Untuk mendapatkan potret makanan yang terlihat jelas diperlukan fitur lensa kamera smartphone yang memadai. Fitur ini dihadirkan oleh OPPO Reno4 F yang menyediakan fitur Ultra Clear 108MP Image, yang mengambil jelas objek gambar setingkat profesional hingga 108MP.

Jadi kamu tidak perlu lagi menambahkan editing kontras dan saturasi tinggi untuk foto makanan yang akan diunggah ke Instagram. Selain perangkat tersebut, OPPO juga telah mengkonfirmasi kehadiran Reno5 yang membawa fitur kamera 64MP. Kehadiran kamera utama tersebut kian memudahkan kamu untuk memotret objek makanan dengan hasil lebih tajam dan jelas.

Warna-Warni Neon

tren edit foto di Instagram. (Oppo Indonesia)

Tren lain dengan gaya retro adalah neon, yang banyak bersinar terang di sebagian besar feed Instagram. Gaya ini terkenal karena menghasilkan warna-warni berani pada objek foto sehingga terlihat bermandikan cahaya neon. Filter ini menghadirkan suasana hati yang aktif dan energik, sehingga cocok untuk jepretan yang sinematik dan potret dramatis. Kamu juga bisa mendapatkan cahaya warna neon yang nyentrik langsung dari kamera smartphone.

Adalah perangkat OPPO Reno4 Series yakni Reno4, Reno4 F, dan Reno4 Pro yang telah menyertakan filter neon untuk aplikasi kamera. Fitur ini populer dengan nama AI Color Portrait yang akan mendeteksi warna wajah dan tubuh manusia, lalu mengubahnya menjadi warna cerah serta membuat latar belakang objek menjadi monokrom alias hitam-putih. Kamu juga bisa menerapkan teknik ini pada rekaman dengan fitur AI Monochorome Video.

BACA SELANJUTNYA

Deretan Konten TikTok Berisi Kritik ke Pemerintah yang Berujung Jadi Perkara, Ngeri-Ngeri Sedap