Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 08 Januari 2021 | 08:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apple sempat membuat heboh dengan memasarkan iPhone 12 tanpa charger. Langkah ini juga diikuti merek lain seperti Xiaomi, yang mulai memasarkan Mi 11 dengan pengisi daya baterai secara terpisah.

Keputusan penjualan Xiaomi Mi 11 tanpa charger ini memang menuari pro kontra dari kalangan Mi Fans. Ada yang tidak mempermasalahkan, namun lainnya menginginkan tetap dengan charger.

Perusahaan asal China dianggap hanya meniru langkah Apple untuk tidak memasukkan adapter ke dalam boks iPhone 12 mereka.

Menanggapi hal ini, Lei Jun selaku CEO Xiaomi langsung membantah tudingan tersebut. Ia mengatakan bahwa ide ini sudah ada sejak tahun 2015 lalu dan bukan sebuah langkah untuk meniru Apple.

Melansir Gizmochina, Kamis (7/1/2021), Lei Jun saat itu memang sudah mengajukan pertanyaan besar di Weibo mengenai peluncuran smartphone tanpa charger. Cerita ini pun juga dimuat di beberapa media lain.

CEO Xiaomi, Lei Jun, memperkenalkan Mi 11 pada Senin (28/12/2020) di Beijing, Tiongkok. [Dok Xiaomi]

Selain itu, bos Xiaomi ini juga menambahkan saat Xiaomi pindah kantor, ia melihat banyak boks ponsel besar yang dibuang dari penyimpanan. Oleh karena itu, dirinya kembali tergerak untuk menerapkan gagasan dalam memisahkan charger dari boks dan menjualnya secara terpisah.

Sebagaimana diketahui, keputusan Xiaomi dalam memisahkan charger di dalam Mi 11 mendapat tentangan dan sindiran dari banyak pihak. Mereka yang menentang merasa dirugikan karena biasanya ponsel baru sudah sepaket dengan charger.

Tetapi menurut Xiaomi menyediakan charger baru untuk setiap ponsel baru sama saja menambah sampah elektronik, boros, dan merugikan lingkungan. Apa lagi charger dari gawai lama masih bisa digunakan untuk ponsel baru.

Sementara mereka yang menyindir mungkin merasa tergelitik karena Xiaomi sempat menyindir Apple ketika iPhone 12 dijual tanpa charger saat diluncurkan tahun lalu.

Itulah penjelasan bos Xiaomi, Lei Jun kenapa kini mereka memasarkan Mi 11 tanpa charger, yang sebelumnya sudah punya niat sejak 5 tahun silam. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Xiaomi Siap Rilis Redmi Note 13 Series di Indonesia