Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 13 Februari 2021 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Facebook yang selama ini dikenal sebagai platform media sosial mulai melebarkan sayapnya dengan memperbanyak produk. Bahkan kabar terbaru diduga tengah menyiapkan smartwatch atau jam tangan pintar.

Dikutip dari The Verge dari The Information, Sabtu (13/2/2021), laporan terbaru muncul bocoran kalau Facebook tengah menyiapkan smartwatch sebagai produk terbarunya.

Perangkat tersebut dikatakan sebagai jam tangan pintar berbasis Android, meskipun laporan tersebut tidak mengatakan apakah Facebook bermaksud agar perangkat tersebut menjalankan OS Wear Google.

Informasi itu juga mengatakan, Facebook sedang bekerja membangun sistem operasinya sendiri untuk perangkat keras dan iterasi masa depan dari perangkat yang dapat dikenakan dapat menjalankan perangkat lunak itu sebagai gantinya.

Perusahaan platform media sosial ini memang sedang banyak merambah beragam pruduk hardware.

Smartwatch Facebook akan memiliki fitur olah pesan, kesehatan, dan kebugaran, kata laporan itu, dan akan terkoneksi dengan headset realitas virtual Oculus Facebook serta obrolan video Portal.

Facebook juga sedang mengerjakan kacamata pintar bermerek Ray-Ban yang akan keluar akhir tahun ini.

Ilustrasi Facebook. (Unsplash/Alex Haney)

Langkah ini sebagai bagian dari inisiatif Project Aria yang sedang berlangsung, sebuah proyek augmented reality yang telah dikerjakan perusahaan selama beberapa waktu sekarang.

Namun, Facebook belum memberikan komentar. Sebenarnya, ambisi perangkat keras raksasa jaringan sosial bukanlah rahasia.

Meskipun Facebook belum menunjukkan minat yang kuat pada perangkat kesehatan dan kebugaran di masa lalu, perusahaan tersebut memiliki rekam jejak dalam perangkat yang dapat dikenakan dengan headset Oculus dan kacamata pintar yang akan datang.

Facebook juga mengakuisisi startup antarmuka saraf CTRL-Labs pada 2019. CTRL-Labs berspesialisasi dalam membangun mekanisme input nirkabel, termasuk perangkat yang dapat mengirimkan sinyal listrik dari otak ke perangkat komputasi, tanpa memerlukan layar sentuh tradisional atau input tombol fisik.

Intelektual perusahaan rintisan dan penelitian berkelanjutan dapat menjadi faktor dalam produk wearable apa pun yang dibuat Facebook di masa depan, termasuk jam tangan pintar, kacamata pintar atau headset Oculus masa depan.

Itulah bocoran terbaru yang mendapati kalau Facebook diduga tengah menyiapkan smartwatch sebagai produk barunya. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Amazfit Cheetah Series Resmi Rilis, Cek Berapa Harga Smartwatch Ini