Kamis, 25 Februari 2021
Agung Pratnyawan : Kamis, 18 Februari 2021 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pandemi yang melanda dunia berdampak pada banyak lini, termasuk pusat keramaian seperti warnet yang kini sepi. Namun bukan berarti ini jadi akhir dari tempat tersebut, karena maraknya mining koin kripto.

Sebagai informasi, harga mata uang kripto seperti Bitcoin sekarang sedang tinggi-tingginya. Tak heran banyak orang kini kembali berminat untuk menambang koin kripto karena tergiur tingga harga.

Termasuk satu warnet di Vietnam ini, yang sepi karena terdampak pandemi hingga memutuskan pindah haluan. Tak lagi jadi tempat anak-anak main game, namun kini banting setir menjadi mining koin kripto.

Dipostingkan akun Twitter @I_Leak_VN, bagaimana kondisi warnet ini sekarang yang telah jadi tempat mining koin kripto. Bukan lagi penuh sesak anak-anak main game, namun kini dipenuhin ring penambang koin.

Hasil penelusuran lebih jauh, foto-foto ini berasal dari akun Facebook lapdatphongnetngoisao yang diunggah pada 9 Februari 2021 kemarin. Lengkap dengan kondisi terkini warnet tersebut.

Warnet banting setir jadi mining koin kripto. (Facebook/ lapdatphongnetngoisao)

 

Tempat yang awalnya jadi salah satu warnet premium, kini malah dijejali beberapa rig mining koin kripto. Menariknya lagi, digunakan banyak kartu grafis kelas atas dalam melakukan penambangan.

Dalam foto terlihat beberapa rig menggunakan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3080 dari berbagai merek. Komponen PC yang saat ini sedang jadi buruan namun ludes di pasaran karena diborong para penambang koin kripto.

Salah satu rig di warnet terset terlihat menggunakan setidaknya delapan Nvidia GeForce RTX 3080 yang memiliki LED RPG pada kipasnya. Di dekatnya ada rig lain yang juga menyala-nyala namun tidak diketahui kartu grafis apa yang digunakan.

Dalam foto lain terlihat masih banyak rig mining koin kripto di dalam warnet Vietnam tersebut. Lengkap dengan beberapa power suply untuk memasok daya pada perangkat-perangkat tersebut.

Sedangkan di sisi lain, kita bisa melihat layar PC warnet yang mati karena tidak dibutuhkan. Lengkap dengan keyboard mouse yang mulai berdebu, tidak ketinggalan masih ada headset di sisi atasnya.

Warnet banting setir jadi mining koin kripto. (Facebook/ lapdatphongnetngoisao)

 

Itulah potret kondisi terkini sebuah warnet Vietnam yang terdampak pandemi. Demi bertahan di masa sulit, kini banting setir menjadi mining koin kripto. Kala begini bukan sekadar bertahan, namun malah bisa lebih untung.

BACA SELANJUTNYA

4 Berita Terkini: Huawei MateBook D14, Bocoran HP Misterius Vivo