Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Rabu, 24 Februari 2021 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mendukung hidup sehat di tengah masa pandemi, Huami Technology bersama Amazfit baru saja merilis Amazfit GTS 2e sebagai smartwatch super canggih yang jadi andalannya di tahun 2021 ini.

Berkesempatan untuk mencoba Amazfit GTS 2e, berikut hasil review tim HiTekno mengenai smartwatch yang baru saja rilis di Indonesia di awal tahun 2021 lalu ini. Masa pre order untuk smartwatch ini telah dibuka sejak 7 Januari 2021 lalu.

Amazfit GTS 2e datang bersama dengan Amazfit GTR 2e. Perbedaan keduanya hanya ada pada bentuk fisik serta sejumlah fitur yang ada. Sama seperti smartwatch kekinian lainnya, Amazfit GTS 2e membantu pengguna untuk memantau kondisi tubuh.

Sebagai informasi, Amazfit merupakan brand global yang telah ada sejak tahun 2015 lalu. Pasar brand ini bahkan mencakup wilayah Amerika Serikat hingga Indonesia sejak pertama kali hadir.

Sebelum kamu tertarik untuk meminang Amazfit GTS 2e sebagai smartwatch andalanmu, berikut review Amazfit GTS 2e yang sudah tim HiTekno.com buat untuk kamu.

1. Review Amazfit GTS 2e: Desain

Review Amazfit GTS 2e. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Amazfit GTS 2e meluncur dalam sejumlah pilihan warna kekinian seperti Obsidian Black, Moss Green dan Lilac Purple. Untuk membuat review smartwatch ini, tim HiTekno kebagian Amazfit GTS 2e dengan warna Obsidian Black.

Jika diperhatikan secara desain, Amazfit GTS 2e membawa bentuk kotak yang tidak terlalu besar untuk digunakan di pergelangan tangan wanita. Amazfit mengklaim layar smartwatch ini anti gores dengan bodi berbahan aluminium serta strap silikon yang nyaman di tangan.

Pada penggunaan pertama, Amazfit GTS 2e terasa ringan dengan desain yang dinamis. Strap silikon yang digunakan smartwatch ini membuat pergelangan tangan tidak terasa sakit walaupun digunakan seharian penuh saat kegiatan biasa atau olahraga.

Berbeda dari Amazfit GTR 2e, bodi Amazfit GTS 2e dilengkapi dengan satu tombol di sisi kanan yang bisa digunakan untuk menghidupkan atau mematikan layar smartwatch atau menampilkan deretan menu perangkat ini serta menu 'Settings'.

Karena berfungsi untuk mendukung hidup sehat penggunanya, Amazfit GTS 2e mengandalkan sensor magnetik di bagian belakang yang akan langsung bersentuhan dengan kulit si pengguna.

2. Review Amazfit GTS 2e: Tampilan Layar

Review Amazfit GTS 2e. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Amazfit GTS 2e mengandalkan layar AMOLED berukuran 1,65 inch dengan resolusi 341 ppi. Dengan layar ini, Amazfit GTS 2e jelas saja menjanjikan tampilan super jernih dan tajam bersama dukungan tingkat kecerahan mencapai 450 nits.

Mengenai tampilan layar, pengguna dapat mengganti watch face Amazfit GTS 2e sesuai selera dan keinginan masing-masing. Untuk mengganti watch face smartwatch ini, pengguna hanya perlu memencet lama pada tampilan jam di layar Amazfit GTS 2e.

Pada Amazfit GTS 2e tersedia 8 pilihan watch face yang dapat digunakan sesuai selera. Namun, pengguna bisa mendapatkan lebih banyak watch face untuk Amazfit GTS 2e melalui aplikasi Zepp yang terkoneksi langsung dengan smartwatch ini.

Menggeser layar Amazfit GTS 2e dari kanan ke kiri atau sebaliknya, pengguna dapat mengakses fitur dan tampilan smartwatch. Pengguna juga dapat menggulir tampilan Amazfit GTS 2e dari atas ke bawah untuk notifikasi atau tampilan lainnya dari perangkat ini.

3. Review Amazfit GTS 2e: Konektivitas

Review Amazfit GTS 2e. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Sama seperti smartwatch pada umumnya, untuk dapat menggunakan Amazfit GTS 2e, pengguna perlu menghubungkannya dengan aplikasi Zepp yang dapat diunduh melalui App Store maupun Google Play Store.

Langkah selanjutnya adalah dengan menghubungkan Amazfit GTS 2e dengan Zepp melalui pilihan 'Devices to Pair'. Pengguna nantinya dapat menghubungkan smartwatch ini dalam dua cara yaitu dengan QR code maupun tanpa QR code.

Berdasarkan pengujian, tidak membutuhkan waktu lama untuk menghubungkan Amazfit GTS 2e dengan Zepp. Jika sudah terhubung, pengguna lalu dapat mengakses seluruh fitur yang ada.

Saat melakukan proses konektivitas, pengguna perlu untuk mengisi sejumlah informasi mengenai jenis kelamin, berat badan hingga tinggi badan yang berkaitan dengan dukungan kesehatan di smartwatch ini.

Tidak perlu membuka HP untuk melakukan cek notifikasi yang muncul, memutar musik, mengakses ramalan cuaca atau membuat alarm. Semua hal ini bisa dilakukan melalui layar Amazfit GTS 2e di pergelangan tangan kamu.

4. Review Amazfit GTS 2e: Baterai

Review Amazfit GTS 2e. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Soal baterai, Amazfit GTS 2e ditenagai dengan kapasitas 246 mAh yang diklaim mampu bertahan selama satu minggu untuk pemakaian biasa dan 20 hari untuk mode hemat.

Setelah tim HiTekno uji, Amazfit GTS 2e dengan pengisian penuh mampu bertahan hingga lebih dari 12 hari dalam penggunaan sehari-hari dan seluruh fitur smartwatch yang aktif.

Pengisian daya dapat dilakukan melalui kabel dengan model magnetik. Pengguna hanya perlu menempelkan bagian belakang bodi Amazfit GTS 2e ke kabel pengisian daya tersebut.

Cukup cepat, untuk pengisian daya di smartwatch Amazfit ini, pengguna hanya perlu membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk mengisi daya dari 9 persen ke 100 persen.

5. Review Amazfit GTS 2e: Fitur

Review Amazfit GTS 2e. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Bagian paling menarik dari Amazfit GTS 2e ada pada deretan fitur canggih yang menjadi andalan smartwatch canggih ini. Mendukung hidup sehat, tentu smartwatch ini menawarkan berbagai fitur andalan untuk membantu si pengguna.

Fitur pertama adalah Target Aktivitas yang berisi informasi mengenai gerak, pembakaran lemak dan jumlah pengguna saat mengambil waktu untuk berdiri di tengah aktivitas sehari-hari.

Selanjutnya, fitur kedua yang ada di Amazfit GTS 2e ini adalah PAI atau Personal Activity Intelligence yang merupakan skor kesehatan seperti detak jantung, waktu olahraga, jalan kaki dan lain-lain. Jika target 100 PAI telah tercapai, pengguna akan mendapatkan notifikasi.

Review Amazfit GTS 2e. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Fitur ketiga dari Amazfit GTS 2e adalah Detak Jantung. Untuk mengukur detak jantung dengan fitur ini, pengguna diminta untuk tetap diam dengan tangan yang melekat di atas meja atau benda datar lainnya.

Untuk fitur keempat adalah Latihan. Fitur ini khusus untuk kamu yang kerap melakukan kegiatan olahraga seperti lari, berjalan, bersepeda, treadmil, berenang, elliptical trainer, memanjat, trail run, ski, gaya bebas dan 90 mode aktivitas olahraga lainnya.

Selain itu, Amazfit GTS 2e juga menyediakan fitur Stress. Sama seperti pengukur Detak Jantung, pengguna akan diminta untuk tetap diam saat proses pengukuran tingkat Stress ini dilakukan.

Review Amazfit GTS 2e. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Fitur menarik lainnya dari Amazfit GTS 2e adalah SPo2 untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah. Di tengah masa pandemi seperti sekarang ini, fitur ini jelas saja begitu dibutuhkan. Normalnya, SPo2 harus berada di atas 90 persen.

Satu fitur terakhir dari Amazfit GTS 2e adalah Pengukur Suhu. Super canggih, pengguna hanya diminta untuk tetap tenang saat smartwatch ini melakukan pengukuran suhu badan. Proses ini dipastikan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Menutup deretan fitur menarik Amazfit GTS 2e, smartwatch ini dilengkapi dengan fitur tahan air. Amazfit mengklaim smartwatch ini mampu bertahan hingga kedalaman 50 meter.

6. Review Amazfit GTS 2e: Kesimpulan dan Harga

Review Amazfit GTS 2e. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Berdasarkan review yang sudah tim HiTekno buat, Amazfit GTS 2e sangat cocok digunakan oleh kamu yang begitu aktif melakukan kegiatan di luar ruangan atau di dalam ruangan sekalipun.

Mendukung hidup sehat penggunanya di tengah masa pandemi akibat virus corona ini, Amazfit GTS 2e jelas adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang membutuhkan dukungan dalam kegiatan olahraga maupun sehari-hari.

Fitur super lengkap Amazfit GTS 2e ini menjadi keunggulan smartwatch yang meluncur dengan harga menantang. Mengenakan Amazfit GTS 2e di pergelangan tanganmu seolah-olah berguna untuk mengingatkanmu untuk terus bergerak dalam kondisi apapun.

Desain minimalis dengan ukuran yang ringan dan nyaman di tangan membuatmu sama sekali tidak terganggu untuk penggunaan sehari-hari. Bentuk dinamis smartwatch ini membuat kamu tetap tampil trendy sambil terus memperhatikan masalah kesehatan.

Mengenai harga, Amazfit GTS 2e meluncur ke Indonesia dengan harga yang cukup menantang yaitu Rp 2.599.000. Smartwatch ini sudah dapat pengguna dapatkan di berbagai toko e-commerce yang ada di Indonesia.

BACA SELANJUTNYA

Huawei Watch Fit SE Resmi Hadir di Indonesia, Cek Berapa Harganya?