Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 09 Maret 2021 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Teknologi aplikasi deepfake kini makin berkembang dan populer, banyak yang sudah mencobanya pada foto-foto jadul yang kembali dihidupkan. Tak sedikit orang yang menganggapnya sangat menarik, namun juga sedikit menakutkan.

Pasalnya beberapa waktu lalu banyak video viral deepfake ini mengidupkan kembali foto-foto orang terkasih yang sudah tiada. Dalam aplikasi deepfake potret jadul tersebut kembali dihidupkan menjadi sebuah video singkat.

Dengan aplikasi deepfake yang disebut ''MyHeritage'' ini terdapat fitur Deep Nostalgia, fitur tersebut dapat menghidupkan kembali melalui foto.

Pengguna aplikasi MyHeritage akan bisa melihat sosok tersebut hidup, seperti mengedipkan mata, menolehkan kepala hingga tersenyum.

Aplikasi MyHeritage. (MyHeritage)

Aplikasi deepfake ini dirancang menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence/AI yang membuat video maupun audio palsu.

Dilansir dari Forbes, beberapa pengguna aplikasi MyHeritage ini mengatakan ''Beberapa orang suka dengan fitur Deep Nostalgia dan menganggapnya magis, namun sebagian lain menilainya menakutkan dan tidak suka. Memang benar bahwa hasilnya bisa kontroversial'' .

Pihak MyHeritage sendiri mengatakan pada pengguna untuk menggunakan fitur-fitur yang ada dan membagikannya ke media sosial dan bagaimana pendapat keluarganya.

Tak hanya itu, pihak My Heritage sendiri memperingatkan penggunanya untuk tidak mengunggah foto orang yang masih hidup tanpa persetujuan mereka.

BACA SELANJUTNYA

AS akan Batasi Investasi ke Perusahaan Teknologi China