Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 16 Maret 2021 | 13:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bagaimana cara video call WhatsApp di laptop atau desktop dengan mudah? Karena kini fitur tersebut tidak terbatas hanya untuk aplikasi mobile saja.

Mulai Maret 2021 ini, aplikasi WhatsApp Desktop telah memungkinkan pengguna untuk menerima dan melakukan panggilan video atau video call.

Sehingga memungkinkan para pengguna bisa melakukan video call WhatsApp menggunakan laptop dan PC desktop mereka. Baik pengguna Mac maupun Windows.

Buat kamu yang rutin menggunakan panggilan video WhatsApp untuk berkomunikasi dengan kolega atau berkumpul bersama teman dan keluarga, fitur tersebut sangat membantu sehingga tidak lagi dibatasi oleh layar ponsel yang mungil.

Fitur ini terbatas pada aplikasi desktop WhatsApp yang harus diunduh di komputer Windows atau Mac. Jika kamu menggunakan WhatsApp Web, fitur panggilan video ini tidak akan diaktifkan.

Dilansir dari Nextpit, Selasa (16/3/2021), jika belum mengunduh aplikasi WhatsApp Desktop, akses AppStore di MacOS atau Windows Store untuk mengunduhnya.

Alternatif lain, kamu dapat mengunduh di situs web WhatsApp dengan alamat https://www.whatsapp.com/download lalu instal perangkat lunak.

Fitur video call sudah tersedia di WhatsApp Desktop. [Dok WhatsApp]

Setelah terinstal, hubungkan ponsel dengan aplikasi WhatsApp desktop, dengan memindai kode QR yang muncul di layar desktop.

Untuk melakukan pemindaian, buka entri WhatsApp Web di aplikasi seluler yang secara otomatis akan memulai pemindai QR.

Kamu akan melihat semua obrolan di komputer. Pilih kontak yang ingin ditelepon atau video call di bilah sebelah kiri, lalu klik salah satu ikon panggilan video atau telepon di kanan atas.

Panggilan akan dimulai. Tiga titik di sudut kanan atas memungkinkan kamu memilih sumber audio.

Selain dapat menelepon dan melakukan panggilan video di desktop, fitur ini juga memungkinkan kamu menjawab panggilan yang masuk di komputer.

Atau bisa mengikuti langkah cara video call WhatsApp di laptop ini:

Download dan install WhatsApp Desktop di laptop. Aplikasi ini tersedia untuk komputer dengan sistem operasi minimal Windows 10 (64 bit version 1903) atau macOS 10.13.

  1. Buka aplikasi WhatsApp Desktop di laptop dan buka juga aplikasi WhatsApp kamu di ponsel
  2. Buka setting di aplikasi mobile, lalu pindai kode QR WhatsApp Desktop yang terpampang di laptop
  3. Setelah WhatsApp Desktop aktif, pilih kontak yang ingin ada hubungi lewat video call. Klik simbol video call di dekat nama mereka untuk mulai

Itulah cara video call WhatsApp di laptop maupun desktop PC dengan mudah. Karena ditur tersebut sudah tersedia pada aplikasi WhatsApp Desktop. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Fitur Baru WhatsApp: Bisa Bisukan Penelepon Tidak Dikenal dan Pemeriksaan Privasi